oleh

Masa Pandemi, Stok Darah di PMI Menurun

-Kendari-8 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Jumlah pendonor darah melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami penurunan akibat pandemi covid-19.

Syahid Khairullah, dokter umum PMI cabang kendari mengungkapkan, Stok darah PMI sultra mengalami penurunan khususnya pada masa pandemi covid-19 berbeda dengan sebelumnya.

“Sebelum ada corona biasa jumlah stok darah mencapai sekitar 1000 lebih kantong darah sedangkan di masa pandemi ini cuman 500 kantong saja” ucapnya pada wartawan kendariaktual.com Jum’at (22/01/2021)

Syahid Khairullah mengatakan, dimasa pandemi ini banyaknya rumah sakit yang membutuhkan darah sehingga PMI sultra gencar-gercarnya mengadakan sosalisasi.

“kami mengadakan sosialisasi tentang belum ada penelitian yang mengatakan bahwa covid-19 itu berpindah lewat darah sehingga dengan adanya sosialisasi ini masyarakat tidak takut” ujarnya

Syahid Khairullah menjelaskan, Kegiatan pendonoran darah di instansi-instansi, mahasiswa, TNI dan Polri di masa pandemi covid-19 untuk sementara di istirahatkan.

“Kegiatan pendonoran darah tidak ada sehingga ketika pasien yang membutuhkan darah yang datang mendonorkan darah adalah keluarga pasien itu sendiri” katanya

Pihak PMI Sultra sangat  berharap,  kepada masyarakat agar tidak takut mendonorkan darahnya di masa pandemi covid-19 karena setetes darah kita sangat berarti untuk yang membutuhkan.

Reporter : Apriliana
Editor      : M Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.