oleh

Masyarakat Kecamatan Kadia Keluhkan Banjir dan Perbaikan Fasilitas Umum

-Kendari-652 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Kegiatan reses yang dilakukan Ketua DPRD Kendari, Subhan ST dan anggota legislatif lainnya sejak 27 Juni 2022, upaya menampung aspirasi warga.

Subhan mengatakan, sebelumnya kegiatan reses dilakukan di Kelurahan Bende. Kali ini di Kecamatan Kadia dengan empat kelurahan yakni Kadia, Wawanggu, Pondambea dan Kelurahan Anaiwoi. Empat kelurahan itu mengusulkan perbaikan fasilitas umum serta penambahan lampu jalan dalam hal ini Kendari Terang.

“Selain itu mereka juga keluhkan banjir, memang terkait banjir ini karena Kecamatan Kadia adalah wilayah yang rendah sehingga sering mendapat kiriman air beserta lumpurnya,” papar Subhan, Rabu (29/6/2022).

Memang katanya, masalah banjir ini sudah menjadi program prioritas dari pemerintah kota. Bahkan telah diusulkan adanya kolam retensi, sebelumnya sudah dibangun di Boulevard dan itu sudah bisa menangani banjir Kendari sekitar 20 persen.

“Kita juga sudah merencanakan kolam retensi di perbatasan antara Konawe Selatan (Konsel) dan Kendari yaitu di Nanga nanga, kita akan minta pembebasan lahan di wilayah itu,” ungkap Subhan.

Diperkirakan sambungnya, dengan adanya kolam retensi di wilayah itu bisa mengurangi resiko banjir hingga 70 persen. Bukan hanya kolam retensi untuk menampung air saat hujan turun tetapi juga sebagai penahan lumpur, sehingga diharap mengurangi sedimentasi.

Selain itu, pihaknya juga sedang membenahi kali – kali lain yang ada di Kendari sehingga fungsinya berjalan maksimal. Saat ini masih dilakukan normalisasi sebagai langkah awal. Termasuk perbaikan drainase dan membangun kolam retensi di masing – masing kelurahan dengan skala kecil.

Disamping itu, Kendari terang untuk Kelurahan Kadia usulkan 252 titik, pondambea 61 hingga 70 persen sudah terealisasi begitupun dengan Kelurahan Wawanggu. Selanjutnya, Kelurahan Anaiwoi yang saat ini sedang dalam pengajuan.

“Kita akan upayakan agar program Kendari terang bisa dirasakan secara merata setiap kelurahan di Kota Kendari,” jelasnya.

Tidak sampai disitu, warga juga mengusulkan perbaikan sekolah di lingkungannya dan jembatan.

Sementara itu, Camat Kadia, Rudi Hartono, menuturkan, pihaknya sangat berterima kasih dengan adanya reses yang dilakukan Ketua DPRD Kendari.

“Dengan adanya reses ini diharapkan apa yang menjadi usulan warga dapat diterima dan kemudian dijadikan program oleh pemerintah kota, dan segera terealisasi,” pungkasnya

Reporter : Nurul
Editor     : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.