oleh

Mubar Ikuti 9 Cabang pada MTQ Ke-XXVIII Tingkat Sultra

KENDARIAKTUAL.COM, LAWORO – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-XXVIII tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) secara virtual resmi dibuka, Senin (21/9/2020).

Dalam MTQ ke-XXVIII yang dilaksanakan secara virtual, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) mengikuti sembilan (9) cabang dari 10 cabang lomba yang diperlombakan.

Asisten I Setda Mubar, Abdul Nasir Kola menjelaskan MTQ tingkat provinsi Sultra ini, sebenarnya dilaksanakan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Tetapi, dengan berbagai pertimbangan di masa pandemi Covid-19 ini, maka Pemprov Sultra melaksanakan secara virtual.

“Jadi MTQ ke-XXVIII tingkat Sultra ini dilaksanakan secara virtual di masing-masing kabupaten. Khusus Mubar, kita mengikuti sembilan cabang lomba dari 10 cabang yang diperlombakan,” kata Nasir Kola di kantor DPMD Mubar, Senin (21/9/2020).

Mantan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan ini, mengatakan sembilan cabang lomba yang diikuti yakni Tilawah Kanak-kanak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa (muratal remaja, dewasa dan mujawad). Kemudian, Hizfil 1 juz dan tilawah hizfil 10 juz, Hizfil 5 dan 20 juz, Fahmil Qur’an. Selanjutnya, Syahril Qur’an, KTIQ atau MMQ dan Khotil Qur’an.

Sementara, satu lomba yang tidak diikuti kontingen Pemkab Mubar pada MTQ ini yakni Hafalan 30 juz.

“Untuk pelaksanaan 9 cabang yang kita ikuti, ada lima cabang kita lakukan secara virtual penuh, maksudnya kita lakukan lomba dari awal sampai akhir. Sedangkan empat cabang lomba dilakukan secara semi virtual. Kemudian kita mengirim rekaman video hasil dari penampilan para peserta,” ungkapnya.

Nasir menambahkan, khusus di Mubar ini, pihaknya melaksanakan MTQ ini di empat tempat yakni di Kantor Diskominfo, DPMD, Dispora dan SDN 9 Kusambi. Lanjut dia, pihaknya juga melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Mubar agar dapat menuntun dalam penerapan protokol kesehatan.

“Kita berharap Mubar dapat meraih hasil yang maksimal pada ajang MTQ tingkat provinsi ini,” harapnya.

Untuk diketahui, MTQ ke-XXVIII tingkat Provinsi Sultra ini resmi dibuka hari ini. Sementara, pelaksanaan lombanya selama dua hari sampai hari Kamis (24/9/2020) penutupan.

Reporter  : Adi R

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait