oleh

Pelaku Wisata di Kota Kendari Dilatih Kelola Sampah di Destinasi Wisata

-Kendari-31 views

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Nahwa Umar mewakili Wali Kota Kendari membuka Pelatihan Kebersihan Lingkungan, Sanitasi dan Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata di salah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (2/11/2021).

Dalam sambutannya, Sekda Kota Kendari Nahwa Umar mengatakan, aspek mendasar untuk mewujudkan daya tarik wisata dalam pembangunan kepariwisataan adalah, menciptakan lingkungan dan suasan kondusif, sebab hal ini dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di destinasi wisata.

Menurutnya, kebersihan sangat penting dalam menciptakan suasana lingkungan obyek wisata yang nyaman bagi wisatawan atau pengunjung.

“Semoga dengan adanya kegiatan Pelatihan ini, dapat membantu para peserta untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan kemampuan para pengelola daya tarik wisata dan kelompok sadar wisata dalam dalam melaksanakan kebersihan lingkungan, sanitasi, dan pengelolaan sampah di destinasi wisata,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Parawisata Kota Kendari, Abdul Rifai mengungkapkan, dasar pelaksanaan ini adalah peraturan daerah Kota Kendari No.14 Tahun 2020 tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah tahun 2021.

“Tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan dari pengelola daya tarik wisata dan kelompok sadar wisata dalam melaksanakan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di destinasi wisata,” ungkapnya.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, di mulai dari 2-4 November 2021, diikuti sebanyak 40 peserta, terdiri dari pengelolaan daya tarik wisata, kelompok sadar wisata dan kelompok penggerak wisata.

“Narasumber pelatihan ini berasal dari internal Pemerintah Daerah Kota Kendari, akademisi dan praktisi,” tutupnya.

Kegiatan ini juga di hadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari.

Kegiatan ini di awali dengan pemukulan gong dan penyematan tanda peserta oleh Sekretaris Daerah Kota Kendari dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari.

 

Penulis : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait