oleh

Pembangunan GOR Kini Masuk Tahap Lelang Pertama

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Gedung gelanggang pemuda atau yang lebih dikenal dengan gedung olahraga (GOR) yang terletak tepat di samping gedung perpustakaan bertaraf internasional di Sultra kini telah memasuki tahap lelang. Gedung yang kini nampak kumuh itu, akhirnya bakal direnovasi.

Kepala Dinas Cipta karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang, Pahri Yamsul mengatakan, setelah bertahun-tahun, akhirnya gelanggang olahraga bakal dibuat baru kembali. Ini bakal di desain dengan konsep menyatukan GOR dengan gedung perpustakaan internasional. Keduanya bakal disatukan oleh landscape
dalam satu pagar yang sama.

“Kita memang telah komitmen sejak awal untuk renovasi GOR. Kita bakal buat GOR dan perpustakaan menjadi satu kesatuan dalam satu pagar yang sama.  Kini GOR telah memasuki lelang tahap pertama, dengan anggaran tahun ini sekira Rp 5 miliar” kata Pahri, Rabu (18/8/2021)

Dia pun melanjutkan, upaya ini dilakukan Pemprov Sultra, agar seluruh aset daerah dapat dimanfaatkan dengan baik. Konsepnya pun bakal sangat indah, sebab dari depan antara GOR dan perpustakaan menjadi satu kesatuan yang padu.

“Sehingga masyarakat Sultra  selain bisa belajar dan membaca menikmati buku dan wifi di perpustakaan juga dapat singgah untuk sekadar berolahraga di GOR, ” jelasnya.

Lagipula, kata dia, memang menjadi hal penting renovasi gelanggang pemuda tersebut, sebab bila dihitung tingkat kerusakannya saat ini telah mencapai lebih dari 80 persen. Mulai dari atap mengalami kerusakan parah, lantai pun rusak dan yang saat ini tersisa tinggal struktur konstruksinya yang masih agak mendingan.

“Jadi memang sangat perlu perbaikan. Dimana tahap pertama ini kita bakal benahi lantai dan jendela, agar dapat  fungsional kembali. Nanti di tahun depan baru kita bakal lakukan finishing bagian luar atau eksteriornya. Kita berharap ini bakal tuntas sesuai target, ” pungkasnya.

 

Reporter: Krismawan
Editor: Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.