oleh

Maknai Hari Kemerdekaan RI, VDNI-OSS Segera Wujudkan Politeknik

KENDARI, KENDARIKAKTUAL.COM – Perusahaan pengelola Kawasan Industri Morosi, PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS) memaknai peringatan HUT RI ke-76 dengan terus konsisten berkontribusi bukan hanya melalui rekrutmen pekerja yang terus meningkat setiap tahunnya, tapi juga komitmen untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia Indonesia, yakni melalui politeknik yang akan segera beroperasi mulai tahun ini.

Direktur VDNI-OSS Tony Zhou Yuan menuturkan, untuk mengembangkan perusahaan dan membangun Indonesia, dibutuhkan banyak SDM yang berkompeten. Salah satu caranya, imbuh dia, adalah dengan menyiapkan pendidikan anak-anak muda di sekitar kawasan industri sehingga dapat memiliki daya saing yang baik untuk berkembang.

“Dengan alasan tersebut, kami yakin perlu mendirikan politeknik untuk mengedukasi masyarakat setempat, meningkatkan pengetahuan dan ilmu profesional mereka, dan memberi manfaat bagi masyarakat lokal,” ujar Tony melalui keterangan tertulis, Senin (18/8/2021).

Tony mengungkapkan, pembentukan lembaga pendidikan dengan nama “Politeknik Tridaya Virtu Morosi” tersebut dikonsep sesuai dengan kebutuhan profesional perusahaan. Tiga program studi D3 yang disiapkan, yaitu Teknologi Metalurgi Industri Logam, Teknologi Sipil, serta Teknologi Listrik Industri Logam.

“Diharapkan politeknik tersebut akan mengantarkan mahasiswanya untuk mengenal lebih dini terhadap teknologi mutakhir yang digunakan di industri pengolahan,” ucapnya.

Politeknik yang akan mulai beroperasi akhir tahun 2021 ini, dijelaskan Tony, akan bertempat di area Kawasan Industri VDNIP dan diharapkan dapat memberi kontribusi yang luas bagi pembangunan SDM unggul untuk mewujudkan Indonesia maju. Sebuah catatan penting dari perjalanan 7 tahun keberadaan PT VDNI dan PT OSS di Republik Indonesia.

“Saya percaya bahwa masyarakat membutuhkan potensi SDM untuk pengembangan jangka panjang dengan kualitas yang lebih tinggi, dan pendidikan berkualitas adalah jalannya. Selamat Merayakan Hari Kemerdekaan ke-76 untuk seluruh bangsa Indonesia. Mari saling berkontribusi,” harap Tony.

Selain pembangunan Sumber Daya Manusia, Kepala Desa Morosi, Budi Santoso (41), turut menceritakan bagaimana kontribusi dari VDNI-OSS yang telah membantu kehidupan masyarakat desa.

Menurutnya, taraf ekonomi warga pun meningkat dengan besarnya potensi bisnis seperti rumah makan dan kos-kosan yang muncul karena ada ribuan pekerja yang tinggal di wilayah tersebut, hal yang sangat berbeda dengan kondisi bertahun-tahun sebelumnya.

“Kalau dulu sunyi kondisinya, karena di sini cuma ada berapa KK (kepala keluarga) dan kami cuma petani yang tinggal di kampung. Kalau petani kan tanam sayur nunggu berapa bulan baru ada hasil. Dengan sekarang juga adanya VDNI-OSS, meskipun ada juga masyarakat yang yang ingin tanam sayur, kita juga nggak susah karena sekarang pasarnya dekat,” pungkasnya.

 

Reporter: Krismawan


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait