oleh

Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Bumi Anoa Terus Dilakukan Meski di Tengah Pandemi

KENDARIAKTUAL.COM,KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berbenah dan melakukan pangkah percepatan dalam pembangunan infrastruktur di wilayah Bumi Anoa. Meski ditengah pandemi, seluruh program prioritas itu dapat terus berjalan sesuai target yang telah ditetapkan.

Bahkan, untuk mendorong itu terus on progres, pihak Pemprov melalui Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) melakukan cofee morning, dengan pemateri Kepala Dinas Ciptakan Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang, Pahri Yamsul, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Burhanuddin dan perwakilan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Perumahan Rakyat.

Dalam kesempatan itu, Asisten II Sultra, Suharno mengatakan, saat ini seluruh program prioritas pembangunan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, Ali Mazi-Lukman Abu nawas terus menunjukkan progres positif.

“Jadi kita di Pemprov memiliki TGUPP yang terus memantau dan mendorong program pembangunan di provinsi Sultra. Saat ini, bagaimana komitmen TGUPP dalam pembangunan,”kata Suharno sembari saat membuka kegiatan, Senin,(24/8/2021)

Bahkan, dikatakan, untuk pembangunan monumental Sultra saat ini, yaitu pembangunan akses jalan wisata kendari, Toronipa, pembangunan perpustakaan dan pembangunan RS jantung. Meski ditengah pandemi terus menunjukan progres positif.

“Meski ditengah pandemi, program prioritas unggulan terus digenjot. Kita terus melakukan koordinasi untuk ini, bahkan kedepan bagaimana kita akan mendorong peningkatan di bidang-bidang lain, baik pertanian dan beberapa produk unggulan Sultra. Jadi memang penting untuk menginfokan berapa produk Unggulan yang ada di Sultra saat ini, “bebernya.

Senada dengan itu Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang, Pahri Yamsul mengatakan, tentunya sebagai instansi yang menangani dua program besar yakni RS jantung dan perpustakaan, ini terus digenjot.

“Bahkan untuk perpus InsyaAllah diakhir tahun ini sudah di lkukan serah Terima, sementara RS Jantung masih terus on progres. Kendala utama pengerjaan di lapangan adalah cuaca.Ini kita antisipasi dengan terus melakukan koordinasi dengan BMKG. Bahkan untuk keselamatan pekerjaan saat ini kami sudah tuntaskan vaksinasi kedua untuk mereka, ” bebernya.

Kepada Dinas Sumber daya Air dan Bina Marga, Burhanuddin mengungkapkan, instansinya saat ini masih sementara mengerjakan satu program prioritas Sultra, yakni Jalan Wisata Kendari-Toronipa. Tentunya saat ini Tuntuk progres fisik telah mencapai 52 persen. Sementara realisasi keuangan dalam tahapan kedua ini melalui pinjaman PT SMI telah mencapai 28 persen dengan pagu anggaran 756 miliar.

“Semua dana pinjaman dan itu berakhir tahun 2022. Dan insyaalah di tahun 2023, jalan wisata Kendari – Toronipa sudah bisa difungsionalkan. Sebab kendala besar kita dalam kurun dua sampai tiga bulan terkahir yakni kondisi cuaca. Cuaca yang sedikit ekstrim, apalagi kegiatan perbaikan jalan. Tentu ini sangat menghambat kegiatan kita, “bebernya.

Sementara itu, Ketua TGUPP Sultra, Faisal mengatakan, sampai saat ini, seluruh program prioritas yang sementara berlangsung masih menunjukkan progresnya.

“Tentu kita dalam melihat pembangunan ini, bukan saja menatap akan pembangunan yang bakal tuntas. Tapi masih ada beberapa program prioritas lainya yang masih akan dilakukan Pemprov Sultra seperti pembangunan gedung DPRD, kantor gubernur, jembatan Buton Muna dan optimalisasi aspal Buton. Dan tentunya dari instansi yang mengerjakan ini tetap optimis dalam menuntaskan itu. Harapan kita pun demikian,”pungkasnya.

 

Reporter : Krismawan
Editor :Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.