oleh

Pembangunan RS Tipe D Sesuai Kebutuhan Daerah

-Kendari-137 views

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Rencana pemerintah Kota Kendari membangun Rumah Sakit (RS) Tipe di Puwatu dinilai oleh Ketua DPRD Kota Kendari Subhan, sudah sesuai dengan kebutuhan daerah. Sebab saat ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari sudah over kapasitas.

Subhan mengungkapkan, salah satu alasan pembangunan RS Tipe D karena dimasa pandemi Covid-19 saat ini tidak memungkinkan menggabungkan pasien umum dengan pasien corona. Jadi rencana Pemkot Kendari membangun RS Tipe D ini sudah sesuai dengan kebutuhan daerah saat ini.

“Jika kita ingin membangun gedung baru di RSUD Kota Kendari saat ini sudah tidak ada lagi lahan yang tersedia. Jadi kalau saya menilai sudah tepat untuk kita membangun RS Tipe D di Puuwaatu pada 2021 mendatang,”katanya.

Untuk membangun RS Tipe D ini ungkapnya, Pemerintah Kota Kendari berencana mengajukan pinjaman ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) pada 2021 mendatang sebesar Rp 146,5 Milliar. Jadi pihaknya menilai program pemerintah Kota Kendari sudah sesuai dengan kebutuhan daerah.

“PT SMI ini merupakan salah satu perusahaan yang direkomendasikan kementerian keuangan jika ada daerah yang ingin meminjam anggaran. Selain itu bunga dari PT SMI ini 0 persen dan bisa diangsur selama 10 tahun kedepan,”jelasnya, pada kendariaktual.com, Sabtu (15/7/2020).

Politis Partai Keadilan Sejahtera ini menuturkan, salah satu syarat untuk meminjam di PT SMI ini adalah sarana yang dibangun wajib bisa menghasilkan PAD bagi daerah. Jadi, dengan pembangunan RS Tipe D ini bisa menghasilkan PAD dan ini sudah memenuhi syarat yang ditetapkan PT SMI.

“Saat ini untuk pengusulan pinjaman ini sedang di kordinasikan diinternal DPRD Kota Kendari. Sebab untuk melakukan pinjaman ini dibutuhkan persetujuan dari DPRD Kota Kendari,”ujarnya.

Reporter : Rezky

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait