Pembersihan Sampah di Teluk Kendari dan Kali Mesti Ditingkatkan

Advetorial24 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – DPRD Kota Kendari menilai untuk mencegah banjir di Kota Kendari ada beberapa persoalan yang mesti dilakukan. Salah satunya, dengan melakukan pembersihan terhadap Teluk Kendaridan kali di Kota Kendari secara intensiv.

Ketua DPRD Kota Kendari Subhan mengatakan, beberapa waktu lalu pihanya melakukan kegiatan pungut sampah di teluk Kendari. Hal ini sangatlah penting untuk menjaga kebersihan di Kota Kendari.

Selain itu kata Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini, teluk Kendari, sebagai salah satu ikon Kota Kendari, dipilih sebagai lokasi aksi ini karena peran pentingnya sebagai sumber daya alam dan potensi pariwisata.

Ilustrasi

“Potensi teluk Kendari ini sangat besar. Namun, sayangnya, Teluk Kendari sering kali tercemar oleh sampah-sampah plastik dan limbah lainnya yang dibuang secara sembarangan,”ungkapnya pada kendariaktual.com, Rabu (15/5/2024).

Subhan menuturkan, selain pembersihan teluk Kendari yang paling penting bagaimana kali yang ada di Kota Kendari bisa dijaga kebersihannya. Sehingga tidak menjadi penghasil sampah dan menyebabkan terjadinya banjir.

Maka dari itu lanjutnya, pihaknya akan terus melakukan komunikasi dengan Pemerintah Kota Kendari agar pembersihan terhadap kali dan teluk Kendari bisa ters dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir di Kota Kendari.

“Saya berharap kedepannya program kita adalah bagaimanna teluk Kendari bisa bebas dari sampah dan kali-kali di Kendari juga bersih sehingga aliran air bisa lancar,”tuturnya.

Ilustrasi

Subhan nengungkapkan, dalam aksi bersih teluk kendari yang dilakukan beberapa hari lalu tersebut menghasilkan 12 ton sampah. Jumlah ini tentunya sangatlah besar dan harus disikai secara serius.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Kendari, Paminuddin mengungkapkan, persoalann sampah di kali dan teluk Kedari ini memang pejadi persoala komleks yang dihadapi pihanya saat ini.

Untuk itu ungkapnya, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi ke masyarakat agar memiliki kesadaran menjaga kebersihan lingkungan. Dengan begitu volume sampah yang ada di kali maupun teluk Kendari bisa turun jumlahnya.

“Petugas kebersihan kami senantiasa intes melakukan pembersihan di kali-kali yang ada di Kota Kendari. Tidak hanya itu drainase yang tersumbat menjadi perhatian dari kami DLHK Kota Kendari, “tukasnya. (adv)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *