oleh

Pemkot Bentuk Tim Pembebasan Lahan Kawasan Industri

-Kendari-370 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Wali Kota Kendari membentuk tim pembebasan lahan pembangunan kawasan Industri di Kecamatan Nambo. Hal itu disampaikan wali kota usai memimpin rapat membahas pembebasan lahan kawasan Industri, di ruang rapat Rujab wali kota, Kamis (19/5/2022).

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menjelaskan, tim perlu dibentuk untuk menghindari kemungkinan hal terburuk dalam pembebasan lahan masyarakat untuk pembangunan kawasan industri.

“Kita inginkan jangan sampai hak-hak masyarakat tidak terpenuhi dan kita juga tidak ingin menyisakan problem hukum oleh karena itu tadi kita membentuk tim gabungan antara pemerintah Kota dengan BPN dan pihak yang nanti akan mengelola kawasan industri,” jelasnya.

Wali Kota berharap tim ini nantinya bisa menuntaskan jika terjadi persoalan sehingga proses pembebasan lahan berjalan lancar hingga pembangunan kawasan industri berlangsung.

Saat ini pembebasan lahan sudah dimulai, bahkan sejumlah warga sudah menyetujuinya dan telah dilakukan pembayaran uang muka (panjar).

Rencananya pembebasan lahan tahap awal akan dilakukan seluas 400 hektare sedangkan Pemerintah Kota Kendari menyediakan lahan hingga 2500 hektare.

“Kita berharap kawasan ini tumbuh bisa menopang bahkan menjadi pilar utama kita di Kota Kendari,” harapnya.

Untuk diketahui di kawasan industri ini akan dibangun pabrik peleburan dimana bahan bakunya berasal dari produk pengolahan dari smelter. Pabrik ini diharapkan bisa menghasilkan baterai atau produk baterai setengah jadi.

 

Penulis  : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait