Pemkot Diharapkan Serius Tangani Banjir di Kota Kendari

Advetorial521 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Banjir yang melanda banyak wilayah di Kota Kendari ketika musim hujan, diminta segera disikapi oleh Pemerintah Kota (Pemkot). Pemkot diminta untuk melakukan identifikasi terhadap persoalan banjir di ibukota Sulawesi Tenggara ini.

Wakil Ketua DPRD Kota Kendari Samsuddin Rahim mengatakan, untuk mengatasi persoalan banjir ini dibutuhkan identifikasi terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab terjadinya banjir. Jadi Pemkot Kendari mesti melakukan identifikasi secara maksimal terhadap persoalan banjir ini.

Setelah dilakukan identifikasi ungkap politisi Partai Amanat Nasional ini, Pemkot mesti segera melakukan solusi apa yang mesti dilakukan untuk mengatasi persoalan banjir tersebut.

DPRD Kendari
SAMSUDDIN RAHIM

“Identifikasi dan setelah itu mencari solusi untuk mengatasi persoalan banjir merupakan solusi paling tepat untuk menyelesaikan hal ini,”jelasnya pada kendariaktual.com, Senin (13/5/2024).

Mantan Ketua DPRD Kota Kendari ini memberikan contoh, persoalan banjir kali wanggu yang selama ini menjadi momok bagi Pemkot Kendari ketika musim penghujan sudah bisa diselesaikan dengan baik. Penyelesaian persoalan banjir kali wanggu ini dilakukan melalui proses identifikasi dan solusi yang diambil pemkot adalah dengan membuat kolam resensi.

Selain itu legislatif asal Kecamatan Kadia dan Wuawua ini, Kota Kendari memang sulit lepas dari persoalan banjir. Sebab Kota Kendari merupakan wilayah buangan air dari beberapa kabupaten sekitar. Tetapi mesti diidentifikasi wilayah yang terkena banjir.

Untuk itu Samsuddin menuturkan, persoalan drainase menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di Kota Kendari. Dimana, drainase-drainase di Kota Kendari memerlukan revitalisasi karena tidak seimbang dengan pesatnya pembangunan di daerah ini.

Ilustrasi

“Perlu ada keseriusan dari pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan hal itu tentunya akan bisa mencegah tersumbatnya drainase yang berdampak terjadinya banjir,”tuturnya.

Untuk itu tukasnya, jika nantinya solusi yang mesti dilakukan dengan membenahi drainase guna mencegah terjadinya banjir maka pihaknya akan mendukung Penganggaran revitalisasi drainase di Kota Kendari.

“Kami dari DPRD Kota Kendari tentunya akan senantiasa mendukung seluruh program positif dari Pemerintah Kota Kendari. Khusus untuk banjir ini kami akan benar-benar akan mendukung pemerintah Kota Kendari, “tukasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *