oleh

Pemkot Harapkan Germas Menjadi Motor Menuju Kendari Sehat

-Kendari-12 views

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari mengharapkan, Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) menjadi motor penggerak guna terwujudnya kemandirian masyarakat untuk hidup sehat menuju Kota Kendari yang sehat.

Sekretaris Daerah Kota Kendari Nahwa Umar mengatakan, dalam beberap riset dikatakan kasus kematian akibat penyakit tidak menular lebih besar daripada kematian akibat penyakit menular, seperti kanker, diabetes dan jantung.

“Menghadapi permasalahn tersebut, kita tidak dapat mengandalkan satu pihak saja. Peran pemerintah akademisi, masyarakat dan swasta dibidang promotive, preventif sangat diperlukan saat ini,”jelasnya, pada kendariaktua.com, Sabtu (19/6/2021).

Ditambahkannya, mobilisasi masyarakat saat ini sangat dinamis, terlebih di wilayah perkotaan yang saat ini sedang berkembang.

“Di tahun 2019 – 2024, kita diwajibkan melakukan lima klaster Germas yaitu, peningkatan aktivitas fisik, peningkatan edukasi dan prilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan deteksi dini penyakit dan peningkatan kualitas lingkungan,” ungkapnya.

Untuk itu tuturnya, pihaknya mengingatkan kepada camat di Kota Kendari untuk melakukan pelaporan terhadap jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak yang telah melaksanakan vaksinasi dan pegawai yang belum menerima vaksinasi.

Reporter : Erviana Hasan
Editor     : M Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait