oleh

Pemkot Kendari dan Bank Indonesia Bentuk TP2DD

-Kendari-2 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI  – Mendorong percepatan dan perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah (ETP), serta mendukung tata kelola keuangan, keuangan inklusif dan perekonomian nasional. Pemerintah Kota Kendari bekerjasama dengan Bank Indonesia dalam pembentukan Tim Percepatan Perluasan Digitasi Daerah (TP2DD) Kota Kendari, Rabu (25/11/2020).

Walikota Kendari H. Sulkarnain K, SE., ME mengapresiasi kegiatan tersebut karena seiring dengan visi, misi Kota Kendari.

“Merupakan kabar menggembirakan bagi kami di Kota Kendari serta menyambut baik gagasan tersebut untuk menjadikan Kota Kendari menjadi pilot project dan seiring dengan visi misi, yaitu mewujudkan kota layak huni berbasis ekologi, teknologi dan informasi,” ujar wali kota.

Sulkarnain K meminta, agar OPD terkait untuk melakukan persiapan optimal sehingga ada progres yang signifikan.

“Saya meminta kepada OPD terkait, untuk melakukan persiapan yang optimal agar ketika dibentuk tidak hanya probabilitas saja dan yang kita inginkan ada progres yang signifikan dengan dibentuknya tim ini,” kata dia.

Lebih lanjut wali kota berharap, dengan dibentuknya tim ini dapat mensinergikan dengan sistem yang telah dibangun oleh pemkot, sehingga dapat terintegrasi dan saling terhubung dengan yang lain.

Sementara itu Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara Suherman Tabrani menjelaskan, ETP merupakan suatu upaya untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja Pemda dari cara tunai menjadi non tunai atau berbasis digital.

Lanjut Suherman Tabrani mengatakan, Kota Kendari merupakan acuan bagi kota lain untuk mulai melaksanakan ETP.

“Pembentukan tim percepatan daerah ini dimulai dari Kota Kendari sebagai acuan bagi kota yang lain agar melakukan hal yang sama untuk mulai melakukan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah (ETP),” katanya.

ETP secara signifikan meningkatkan PAD bahkan mampu meningkatkan upaya menjaga PAD sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama Kordinasi Percepatan dan Perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah yang ditandatangani oleh Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan dan Kominfo pada tanggal 13 Februari 2020.

Serta tindak lanjut Sosialisasi pembentukan Tim Percepatan Perluasan Digitasi Daerah (TP2DD) kepada Pemerintah kab/kota se – Sulawesi Tenggara pada tanggal 4 November 2020

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Kendari Hj. Nahwa Umar, Kepala OPD terkait Lingkup Kota Kendari, serta perwakilan Bank Sultra.

Reporter : Apriady


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait