oleh

Pemkot Kendari Gelar Musrenbang Tahun 2023

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 untuk program tahun 2023, di salah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (22/3/2022).

Wali kota menjelaskan, tahun 2023 merupakan masa transisi setelah berakhirnya masa jabatan pemerintahan periode 2017-2022. Dalam menjalankan pemerintahan, Pemerintah Kota Kendari mengacu pada Rencana Pembangunan Daerah (RPD) periode 2023-2026.

“Alhamdulillah tahun 2017-2022 ini sudah ada beberapa pondasi yang kami hadirkan, terkait dengan infrastruktur, pelayanan masyarakat khususnya terkait dengan sistem pelayanan publik kita sudah banyak mengalami perubahan mudah-mudahan ini bisa terus dikembangkan ke depan,” ucapnya.

Wali Kota Kendari membeberkan, dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Kendari di tahun 2023-2026, Pemkot memiliki enam tujuan pembangunan, yaitu Meningkatkan kualitas lingkungan hidup, pembangunan infrastruktur perkotaan yang terpadu dan berkualitas serta tangguh terhadap bencana; Meningkatkan kualitas hidup masyarakat; Mewujudkan kepuasan masyarakat dengan memberikan pelayanan prima; Meningkatkan pertumbuhan ekonomi kota dan menciptakan iklim investasi yang kondusif; Meningkatkan kualitas sumber daya aparatur pemerintah yang profesional dan berintegritas; dan Mewujudkan tata kelola yang bersih dan akuntabel.

Pasangan Siska Karina Imran ini menjelaskan, target pembangunan Kota Kendari sampai di tahun 2021 mengalami trend ke arah positif.

Untuk pertumbuhan ekonomi naik sebesar 3,86 persen. Sedangkan angka pengangguran ikut menurun dari 7,08 persen di tahun 2020 menjadi 5,19 persen di tahun 2021.

“Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan manusia terus meningkat menuju angka 85 persen di tahun 2021,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk angka inflasi terus mengalami penurunan angka, kini di tahun 2021 angka inflasi 3,05 persen.

Musrenbang RKPD yang diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini, menghadirkan sejumlah pemateri yakni Mantan Menteri Perikan Prof. Rokhmin Dahuri dan Mantan Wali Kota Depok Prof. Nur Mahmudi Ismail.

Dalam Musrenbang RKPD ini, pemerintah Kota Kendari juga menyerahkan sertifikat ramah anak pada 7 kategori, yakni kecamatan ramah anak, kelurahan ramah anak, rumah sakit ramah anak, puskesmas ramah anak, TK, SD dan SMP ramah anak.

 

Penulis: Wahyu

 


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.