oleh

Pemprov Usul 4 Nama Pjs Bupati ke Mendagri

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Sebanyak tujuh daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada Desember 2020. Dari tujuh daerah itu, empat Bupati dan Wakil Bupati di antaranya dipastikan bakal maju kembali.

Untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) pun menyiapkan pejabat sementara (Pjs) Bupati. Empat nama yang akan menjabat sebagai Pjs Bupati di empat daerah itu pun telah diserahkan Pemprov Sultra ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Asisten I Sekretariat Daerah (Sekda) Sultra, Basiran mengungkapkan, terkait dengan nama-nama pejabat yang di usulkan untuk menjadi Pjs di daerah pelaksana Pilkada, sampai saat ini masih bersifat rahasia. Nantinya, setelah usulan tersebut di setujui oleh Mendagri, baru akan di umumkan oleh Gubernur Sultra.

“Usulannya sudah kita serahkan sejak pekan kemarin, dan kita masih menunggu hasilnya. Empat orang yang di usulkan itu merupakan pejabat tinggi pratama Pemprov Sultra, dan identitas pejabatannya masih bersifat rahasia,” ungkap Basiran saat ditemui awak media, Jumat (18/9/2020).

Ia melanjutkan, untuk setiap daerah jabatan Pjs akan dilaksanakan selama 71 hari, selama bupati atau wakil menjalani cuti kampanye.
Terhitung sejak awal di mulainya kampanye, yakni pada 26 September 2020.

“Pengusulan berkasnya di kemedagri melalui sistem informasi pelayanan administrasi yang dilakukan secara online dan ofline melalui unit pelayanan adminstrasi di kemedagri. Jadi, berkas sudah dikirim baik melalaui online maupun ofline,” ujarnya.

Empat pejabat tinggi pratama Pemprov Sultra yang di usulkan nantinya akan menjabat sebagai Pjs Bupati di empat daerah, yakni kabupaten Wakatobi, Konawe Utara (Konut), Konawe Kepulauan dan Kolaka Timur
(Koltim).

“Sementara kalau untuk tiga daerah lain, itu akan dijabat oleh wakilnya. Karena hanya bupatinya yang akan maju kembali sebagai
petahana,” tutupnya.

Tujuh daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak pada Desember 2020 yakni, kabupaten Muna, Buton Utara (Butur) Wakatobi, Konawe
Selatan (Konsel), Konawe Utara (Konsel), Konawe Kepulauan (Konkep) dan Kolaka Timur (Koltim).

Reporter : Hadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *