oleh

Peringati HAN, Pemprov Rayakan Bersama Anak Binaan Lapas

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap 23 Juli, Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) merayakan bersama anak binaan lapas di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Kendari, Kamis (23/7/2020).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3A-PPKB), Andi Tenri mengatakan jadikan perayaan hari anak tahun inikan memang unik, sebab dirayakan di LPKA Kendari bersama anak-anak binaan dilapas.

“Kalau tahun lalu, kita rayakan secara meriah di tempat terbuka di MTQ, alhamdulillah tahun ini dalam kondisi pandemi dapat terlaksana dengan baik. Ini dapat kita laksanakan berkat kerjasama dengan tim LPKA Kelas II Kendari,”jelasnya, di LPKA Kendari, Kamis (23/7/2020).

Diungkapkannya, anak-anak yanga di LPKA II Kendari merupakan tanggung jawab pemerintah daerah. Sebab besar harapan pemerintah daerah melalui kegiatan ini mereka kembali termotifasi seperti anak-anak yang lain.

“Ini tanggung jawab kita semua sebagai Pemerintah daerah. Mereka tidak boleh menjadi kecil hati walaupun mereka istilahnya terbatas oleh ruang dan geraknya,”ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah , Wa Gola yang menggunting pita louncing ruang baca anak LPKA atau diberi nama Pustaka Halu Oleo mengatakan saat ini pihaknya bekerjasama dengan LPKA membuat ruang baca.

“Ini tugas Perpustakaan daerah Sultra dimana mendekatkan bahan bacaan kepada masyarakat untuk menjadikan anak-anak Sultra cerdas. Jadi perpustakaan sekarang merupaka perpustakaan bergerak, sehingga dekat dengan masyarakat,”terangnya.

Mengajak semua orang, semua etnis seluruh komponen bangsa tanpa terkecuali bahkan yang dibalik terali tuturnya, harus tetap meningkatkan minat bacanya supaya keluar dari sini, bisa berubah hidupnya, perilakukan dan pola pikirnya kearah yang lebih baik.

Sementara itu Kepala Divisi Pemasyarakatan KemenkumHAM Sultra, Muslim mengungkapkan, tahun ini di KemenkumHAM sangat berbahagia dan betul-betul mendapat rahmat dengan keputusan dan kebijakan Pemprov Sultra untuk menempatkan peringatan hari anak di LPKA.

“Saya tentu mengapresiasi kepada Kepala LPKA Kendari yang memiliki inovasi-inovasi melakukan hubungan, menjalin mitra seluas-luasnya, sehingga seluruh mitra itu bisa berpeluang masuk kedalam Lapas. Ini tidak akan mungkin bisa dilakukan bila Kepala LPKA nya tidak memiliki inovasi,”ungkapnya.

Selaku tuan rumah, Kepala LPKA Kelas II Kendari, Akbar Amnur menjelaskan, peringatan hari anak tahun ini LPKA Kelas II Kendari, berinisiatif menggarap peringatan ini semenarik mungkin bagi anak binaan. Dimana acara ini dikemas dari mereka, oleh mereka dan untuk mereka. Terlebih kepercayaan Provinsi dalam penyelenggaraan hari anak tentu menjadi momen penting bagi LPKA dalam momen hari anak nasional.

“Alhamdulillah kegiatan ini direspon oleh dinas pemberdayaan perempuan tingkat Provinsi dan telah memberikan madat pelaksanaan ini dengan sederhana. Namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Bahkan kegiatan ini juga kita rangkaikan dengan pemberian remisi bagi anak binaan sebanyak 11 orang,”tukasnya.

Reporter : Hadi Suryadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *