oleh

Permudah Transaksi, BI – Pemkot Sosialisasikan QRIS menuju Smart City

-Kendari-541 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Menuju smart city Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus mendorong transaksi non tunai dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Setelah melaksanakan Training of Trainers (ToT) Pejuang Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) beberapa waktu lalu. Kini BI mengadakan ngopi bareng Wali Kota Kendari, Sulkarnain K di salah satu warung kopi (warkop) di Kendari, Rabu 31 Agustus 2022.

Sulkarnain mengatakan, pihaknya siap mendukung percepatan penggunaan transaksi non tunai di Kendari, dengan QRIS transaksi bisa lebih mudah.

“Digitalisasi tak bisa dihindarkan. Apalagi yang ingin usahanya lebih maju,” ungkapnya.

Penggunaan QRIS harus terus disosialisasikan ke masyarakat, sehingga dapat mewujudkan Kendari sebagai kota digital.

Penerapan ekosistem keuangan digital ini merupakan salah satu langkah antisipasi penyalahgunaan anggaran, khususnya di birokrasi, karena ada keterbukaan atau transparansi penggunaan anggaran.

“Kalau kita mau antisipasi terjadinya korupsi, yah transaksi digital ini salah satunya, karena transparan penggunaan anggarannya, sudah dengan pengawasannya,” ujar Sulkarnain.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Sultra, Doni Septadijaya mengatakan, pihaknya akan melakukan pendampingan dan sosialisasi penggunaan QRIS kepada pelaku usaha, Anoa Mart, sekolah dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Kendari.

Sebab, transaksi digital melalui QRIS memberikan banyak manfaat untuk masyarakat.

“Dengan menggunakan QRIS, semuanya lebih mudah dan aman. Tidak perlu lagi menyiapkan kembalian dan lainnya,” tutupnya.

Reporter : Nurul
Editor      : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait