oleh

Pj Wali Kota Pimpin Aksi Bersih-bersih Teluk Kendari

-Headline, Kendari-417 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu memimpin apel aksi bersih-bersih Teluk Kendari  yang dilakukan di Anjungan Teluk Kendari, Jumat (9/12/2022).

Usai memimpin apel, Pj wali kota kemudian mengenakan sepatu bot lengkap dengan jaring turun ke Teluk Kendari menggunakan kapal guna mengangkut sampah di laut.

Aksi ini juga diikuti sejumlah nelayan binaan Dinas Perikanan Kota Kendari.

Asmawa menegaskan, aksi bersih-bersih ini merupakan upaya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan Kota Kendari khususnya Teluk Kendari.

“Hari ini kita ingin menunjukkan pada masyarakat, kita ingin membangun kesadaran bersama, terutama masyarakat yang ada disekitar Teluk Kendari untuk bersama-sama menjaga kota ini, menjaga Teluk Kendari,” ungkap Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu.

Dia yakin dengan kondisi saat ini, orang yang melihat Teluk Kendari akan berpendapat bahwa Teluk Kendari kotor. Ini terbukti banyaknya sampah yang berserakan sumbangan dari warga Kota Kendari sendiri.

Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri ini menambahkan, tahun 2023 Pemerintah Kota Kendari akan melakukan revitalisasi kawasan Teluk Kendari agar semakin indah dan menjadi destinasi wisata bagi warga Kota Kendari dan sekitarnya.

“Kita akan melakukan revitalisasi terutama di beberapa titik yang menjadi sentra saudara-saudara kita pengusaha atau pedagang  beraktivitas pada malam hari kita ingin mengembalikan keindahan Teluk Kendari seperti waktu zaman tahun 90an,” jelasnya.

Aksi bersih teluk ini dimulai dari SPBU Teratai hingga tempat pelelangan ikan Sodoha. Lokasi pembersihan terbagi atas 11 titik dimana setiap titik menjadi tanggungjawab hingga 6 lembaga atau OPD.

Sementara Kadis Perikanan Imran Ismail mengatakan aksi ini dilakukan berdasarkan arahan Wali Kota Kendari, untuk mewujudkan Teluk Kendari yang bersih dan asri.

“Bahwa hari ini kita libatkan seluruh OPD Pemerintah Kota Kendari, kecamatan dan kelurahan dan juga dibackup dengan Forkompinda dan kita juga dibantu oleh perguruan tinggi Fakultas Perikanan UHO dan Fakultas Perikanan UMK.Terkait ini yang terlibat dalam bersih Teluk Kendari ini kurang lebih 1.300 orang,” katanya.

Dia juga menuturkan aksi bersih-bersih Teluk Kendari juga dilakukan pembongkaran bangkai-bangkai kapal yang sudah tidak berfungsi lagi atau sudah tidak bisa digunakan lagi.

“Ini merupakan langkah awal Pemerintah Kota Kendari untuk melakukan giat ini, kita juga akan lanjutkan esok hari. Bangkai kapal hari ini yang telah kami bongkar kurang lebih ada 5 kapal insya Allah dalam waktu dekat ini kita akan selesaikan secepatnya,” tuturnya.

Selain melibatkan OPD Pemkot Kendari, aksi bersih ini juga melibatkan TNI, Polri, Bank Sultra, Perguruan Tinggi, Organisasi Kepemudaan dan Forkopimda.

Penulis: Wahyu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.