oleh

Quick Count PPI : Paslon Suara Unggul 45,09 Persen

-Headline-17 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, ANDOOLO – Unggul pada dua daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Pasangan Calon (Paslon) Bupati Konsel Surunuddin Dangga – Rasyid ditetapkan menjadi pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) didaerah tersebut berdasarkan quick Count yang dilakukan Parameter Politik Indonesia (PPI), Rabu (9/12/2020) malam di salah satu hotel di Kota Kendari.

Dari hasil quick count PPI pasangan berakronim Suara ini unggul di Dapil Konsel 3 (Baito, Konda, Laeya, Lainea, Palangga, Palangga Selatan, Wolasi) dengan 46,44 persen disusul pasangan nomor urut 3 dengan 39,79 persen dan nomor urut 1 diurutan ketiga dengan 13,77 persen.

Adapun untuk Dapil Konsel 4 (Kolono, Kolono Timur, Laonti, Moramo, Moramo Utara) suara unggul dengan 53,77 persen, disusul pasangan nomor 3 ditempat kedua dengan raihan 34,16 persen dan pasangan nomor urut 1 dengan perolehan suara 12,07 persen.

Sementara untuk Dapil I (Andoolo, Andoolo Barat, Buke, Lalembuu, Tinanggea) pasangan nomor urut 3 unggul dengan 43,54 persen, disusul pasangan suara 40,22 persen dan pasangan nomor urut 1 16,23 persen

Sedangkan untuk dapil 2 (Angata, Basala, Benua, Landono, Mowila, Ranomeeto, Ranomeeto Barat, Sabulakoa) pasangan nomor 3 unggul dengan persentase 49,33 persen disusul pasangan suara 43,66 persen dan pasangan nomor urut 1 ditempat ketiga dengan 7,01 persen.

Dengan hasil quick count PPI dari empat dapil ini pasangan Surunuddin Dangga – Rasyid menjadi pemenang Pilkada Konsel dengan raihan suara 45,09 persen disusul pasangan Muhammad Endang – Wahyu Ade Imran dengan raihan 42,84 persen dan ditempat ketiga 12,07 persen.

Direktur PPI, Ras MD mengatakan, proses perhitungan cepat ini menggunakan metode multi stage random sampling. Samplingnya dari 632 TPS PPI mengambil sebanyak 210 sample. Untuk penarikan sampelnya dilakukan terukur dan porposional berdasarkan jumlah pemilih dan dipilih secara acak diseluruh wilayah kecamatan.

“Sampling erornya kurang lebih 1 persen. Sehingga simpang baku atau selisih dari hasil PPI dan KPU Konsel nantinya tidak akan berbeda jauh, hanya berjarak 1 persen,” jelasnya, pada kendariaktual.com, Rabu (9/12/2020) malam.

Sebagai lembaga yang telah terdaftar di KPU Konsel, ia memastikan hasil hitung cepat yang dilakukan PPI dapat dipertanggungjawabkan jawabkan secara ilmiah dan hukum.

“Pasangan Surunuddin Dangga – Rasyid kembali memengkan Pilkada Konsel 2020 versi PPI, Untuk hasil resminya nanti akan diumumkan oleh KPU Konsel,” ungkapnya.

Laporan : Rasman


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait