oleh

Ratusan Rumah Terendam Banjir di Konut, SAR Bantu Evakuasi

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Basarnas Kendari membantu melakukan evakuasi terhadap masyarakat korban banjir di Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara (Konut), Selasa (14/7/2020) malam.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi mengatakan, pihaknya memberikan bantuan evakuasi setelah mendapatkan laporan dari Camat Andowia Hasrat bahwa telah terjadi bencana banjir di desa Labungga kecamatan Andowia  Kabupaten Konut.

“Camat Andowia melaporkan ke kami bahwa sungai Lasolo meluap yang disebabkan intensitas hujan yang tinggi selama beberapa hari sebelumnya sehingga menyebabkan air sungai lasolo meluap dan merendam pemukiman warga dibeberapa desa,”jelasnya, pada kendariakutual.com, Rabu (15/7/2020).

Diungkapkannya, ketinggian air mencapai 1,5 meter sehingga memerlukan bantuan pertolongan dalam hal ini evakuasi warga yg terkena dampak banjir.

“Setelah mendapatkan laporan pada pukul 11.00 Wita, Selasa kemarin Tim rescue Pos Unit Siaga SAR Konut diberangkatkan dengan menggunakan satu unit Rescue Car membawa satu unit Rubber boat beserta peralatan pendukung keselamatan lainnya untuk memberikan bantuan SAR,”terangnya.

Untuk data masyarakat yang terkena dampak banjir di kecamatan ungkapnya, di Kecamata Andowia sebanyak 368 KK yang terdiri dari 123 KK dari desa Laronanga, 245 KK dari desa Labungga.

“123 KK dari desa Laronanga telah melakukan evakuasi secara mandiri ditempat pengungsian yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah setempat. Sedangkan Desa Labungga dari 245 KK yang terdampak banjir, 91 KK melakukan evakuasi mandiri,”terangnya.

Untuk tim SAR gabungan lanjutnya, berhasil melakukan evakuasi sebanyak 50 jiwa dari desa Labungga. Dalam proses evakuasi ini melibatkan Rescuer Unit Siaga SAR konawe utara, BPBD Konawe utara, Aparat pemerintah setempat dan Masyarakat.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait