Sempat Keruh, Air Sungai di Roko-Roko Wawonii Kembali Jernih

Konawe Kepulauan483 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, WAWONII – Kondisi air yang sempat mengalir dengan warna keruh di beberapa Desa di Roko-roko Raya, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), kini telah terlihat kembali jernih.

Sebelumnya, akibat kondisi air keruh tersebut tidak dapat dimanfaatkan oleh warga untuk kebutuhan sehari-hari. Namun setelah normal, warga kini dapat memanfaatkan ait tersebut kembali.

Selain itu, salah satu sungai di Desa tersebut yang sempat keruh kini juga telah mulai terlihat jernih seperti semula. Sementara itu, sumber mata air Lagumba saat ini juga telah terliha jernih kembali.

Menurut keterangan salah satu warga Desa Dompo-dompo Jaya, Muksin mengatakan, tingginya intensitas hujan jadi penyebab perbuahan warna air pada aliran sungai di lokasi tersebut. Hal ini bukan yang pertama kali terjadi, namun sudah sering pada saat hujan deras.

“Sudah biasa terjadi begini kalau lagi hujan deras, karena permukaan tanah dibawa sama air hujan turun ke sungai. Sehingga air jadi terlihat keruh,” kata Muksin kepada awak media, Minggu (14/2023).

Muksin menambahkan, di Desa tempatnya tinggal terdapat beberapa sungai yang sebelumnya alami kekeringan akibat musim kemarau.

Ia menyebut, sungai-sungai kecil yang sempat kering itu terisi kembali karena air hujan. Namun warna airnya tidak jernih karena telah bercampur dengan material tanah yang tergerus oleh hujan.

“Semua lapisan tanah permukaan tanah dibawa oleh air hujan mengarah ke sungai besar, bahkan juga menerobos sampai ke sumber-sumber air bersih warga, sehingga air warnanya keruh,” bebernya.

 

Reporter : Deri Irawan
Editor      : Rasman

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Deprecated: str_replace(): Passing null to parameter #3 ($subject) of type array|string is deprecated in /home/kendariaktual.com/public_html/wp-content/plugins/newkarma-core/lib/relatedpost.php on line 627

Berita Terkait