oleh

Sesi Terakhir Sosialisasi Jaga Kendari Diikuti 21 Lurah

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Sebanyak 21 Lurah di Kota Kendari mengikuti Sosialisasi program Jaga Kendari (Jari) yang digelar Inspektorat Kota Kendari, Selasa (25/8/2020).

Menurut Kepala Inspektorat Kota Kendari (Inspektur) Kota Kendari Syarifuddin SE, Ak, MSA program Jari ini merupakan salah satu solusi mencegah korupsi, sehingga setiap orang punya hak yang sama dalam mendapatkan pelayanan administrasi pemerintahan.

“Semua orang berurusan dengan pemerintah bebas suap pungli dan gratifikasi. Awalnya program ini ingin saya aplikasikan di bidang kesehatan, pendidikan dan Capil,” ungkapnya.

Namun setelah melalui konsultasi dengan Wali Kota, lanjut Inspektur, Wali Kota Kendari menginginkan pembenahan dimulai dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), karena OPD ini mengurusi warga sejak lahir hingga meninggal dunia.

“Tugas saya, bapak dan ibu lurah menjaga Kendari dari perilaku korupsi, suap, pungli dan gratifikasi. Saya ingin transparan dan warga mengawasi kita,” lanjutnya.

Dia menambahkan, program Jari terinspirasi dari program KPK jaga.id. Program Jari juga merupakan proyek perubahan sebagai tugas Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) yang sedang ia lakukan.

Acara ditutup dengan penandatanganan komitmen integritas Jari oleh para lurah.

Sebelumnya 44 Lurah telah mengikuti kegiatan serupa dan menandatangani komitmen menerapkan program Jari.

 

Reporter : Jamal Hamzah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *