Siaga Lebaran, KPP Kendari Turunkan 117 Personil

Kendari714 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Sebanyak 117 personil Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari disiapkan untuk operasi siaga Lebaran Idul Fitri 1445 Hijiriah.

Kepala KPP Kendari Muhammad Arafah mengatakan,Kegiatan siaga SAR khusus Lebaran kali ini berlangsung dari 3 April sampai dengan 18 April 2024
mendatang.

Tujuan dari pelaksanaan Siaga SAR khusus Lebaran Tahun 2024/1445 Hijriah ini ungkapnya, agar terwujudnya pelayanan SAR yang profesional, sinergi dan militan untuk mendukung kebijakan pemerintah dan melaksanakan siaga SAR khusus bekerjasama dengan kementrian atau lembaga terkait dengan selamat dan aman.

“Saya berharap pada anggota pertama menjaga Profesionalisme dalam menjalankan tugas memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan pelayanan SAR dimana dan kapanpun dibutuhkan,”jelasnya pada kendariaktual.com, Rabu (3/4/2028).

Selain itu ungkapnya, seluruh personil siaga SAR khusus Lebaran Tahun 2024/1445 Hijriah untuk menjaga sinergitas antar pelayan masyarakat baik TNI/Polri dan seluruh potensi SAR, menjaga kekompakan dilokasi kecelakaan dan bencana dalam memberikan pelayanan yang terbaik kpd masyarakat korban bencana maupun kecelakaan.

“Saya mengharapkan agar seluruh personil siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2024/1445 Hijriah harus mempunyai jiwa militan dalam mengemban tugas karna tugas SAR adalah tugas kemanusiaan yg memiliki Medan operasi cukup berat,”tuturnya.

Diakhir sambutannya Arafah menukaskan, kepada seluruh personil yang melaksanakan siaga agar dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus tetap melaksanakan prinsip² Quick Action Search and Rescue dalam merespon setiap bentuk kedaruratan secara profesional, sinergi dan militan.

Adapun potensi ancaman yang perlu diwaspadai dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran tahun ini tambahnya, Bencana hidrometeorologi yaitu banjir, gelombang tinggi, longsor, banjir bandang dan angin puting beliung, Bencana geologi yaitu gempa bumi dan tsunami, Kecelakaan Transportasi yaitu kecelakaan kapal, pesawat dan jalan raya, Kondisi Membahayakan Manusia diantaranya kedaruratan di tempat wisata.

“Untuk KPP Kendari sendiri mempersiapkan personil ASN sebanyak 117 orang.Untuk Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari 56 Orang, KN SAR Pacitan 13 Orang, Pos SAR Kolaka 6 Orang, Pos SAR Baubau 6 Orang, Pos SAR Wakatobi 6 Orang, Pos SAR Konawe Utara 6 Orang, Rescue Boat 210 6 Orang, Rescue Boat 307 6 Orang, Unit Siaga SAR Muna 6 Orang, Unit Siaga SAR Luwu Timur 6 Orang,”tukasnya.

Reporter : Idris
Editor      : Rasman

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *