oleh

Siaga Nataru, Basarnas Kendari Turunkan 127 Personilnya

-Kendari-569 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Kendari menyiapkan 127 orang personil untuk pelaksanaan Siaga SAR khusus Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi mengatakan, tujuan dari pelaksanaan Siaga SAR khusus Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 adalah terwujudnya pelayanan SAR yang profesional, sinergi dan militan untuk mendukung kebijakan pemerintah.

Diungkapkannya, terdapatnya peningkatan jumlah masyarakat yang mudik libur nataru kali ini akibat bersamaan dengan waktu libur sekolah dan tidak adanya pembatasan mobilitas warga meskipun pemerintah masih memperpanjang perlakuan PPKM akibat masih adanya kasus Covid 19, mempertimbangkan kondisi faktual tersebut maka penyelenggaraan Siaga SAR Khusus Nataru harus tetap mengedepankan aspek kesehatan dan keselamatan dalam pelaksanaannya.

“Sesuai dengan arahan pimpinan dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus tetap melaksanakan prinsip² Quick Response of SAR dalam merespon setiap bentuk kedaruratan secara profesional, sinergi dan militan,”jelasnya dalam sambutannya, Senin (19/12/2022).

Dituturkannya, dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal 2022 dan Tahun 2023 akan dilaksanakan selama 16 hari yakni dimulai 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 dimana puncak arus mudik natal diperkirakan pada tanggal 23 – 24 Desember 2022 dan puncak arus balik tanggal 25 – 26 Desember 2022, sedangkan puncak arus mudik Tahun Baru 30 – 31 Desember 2022 dan puncak arus balik pada tanggal 1 – 2 Januari 2023.

Adapun untuk tempat-tempat wisata ungkapnya, diperkirakan padat pengunjung di tanggal 31 Desember 2022 – 1 Januari 2023. Sedangkan potensi ancaman yang perlu diwaspadai dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus Nataru tahun ini diantaranya Bencana hidrometeorologi seperti banjir, gelombang tinggi, longsor, banjir bandang dan angin puting beliung.

“Selain itu bencana geologi seperti gempa bumi, tsunami, erupsi gunung berapi dan Kecelakaan Transportasi yaitu kecelakaan kapal, pesawat dan jalan raya serta Kondisi Membahayakan Manusia diantaranya kedaruratan di tempat-tempat wisata,”tuturnya.

Adapun lokasi Siaga SAR Khusus Nataru terangnya, berada di pelabuhan Nusantara, pelabuhan wanci, pelabuhan wawonii, pelabuhan torobulu, pelabuhan murhum, pelabuhan raha, pelabuhan penyebrangan kolaka – bajoe, pelabuhan tobaku. Untuk transportasi udara dipusatkan di Bandara Haluoleo, Bandara betoambari, bandara matahora.

“Untuk tempat wisata kami memgawasi di wilayah kendari, kolaka, baubau, wakatobi, luwu timur, konawe utara dan muna,”tukasnya.

Reporter : Idris 
Editor      : Rasman 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.