oleh

Tampil di Opening Pesona PTKIN 2022, IAIN Kendari Tampilkan Ethno Carnival

-Kendari-494 Dilihat

KENDARIAKUAL.COM, KENDARI – Meriahkan Grand Opening Pekan Seni dan Olahraga (Pesona) I Perguruan Keagamaan Negeri (PTKN) se-Indonesia, Institut Agama Islam Negeri Kendari menampilkan kostum Ethno Carnival bertema Raja Wa Kaa Kaa. Kegiatan ini digelar di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/8/22) dengan dan dihadiri oleh 61 PTKN dengan 1.500 orang peserta dari seluruh Indonesia.

Rektor IAIN Kendari, Faizah Binti Awad yang menghadiri kegiatan pembukaan tak luput memberikan semangat kepada para atlet untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya di event Pesona PTKN. Dia berharap, kontingen IAIN Kendari dapat membawa pulang medali sebagai hasil dari pembinaan dan pelatihan selama ini.

“Saya berharap para atlet terus bersemangat, percaya diri dan memberikan yang terbaik sesuai kemampuan yang dimiliki. Pembinaan dan latihan yang dijalani selama ini menjadi modal besar untuk menghadapi peserta lain. Tugas para atlet hanya berjuang, jika berhasil mendapat juara itu sebagai bonus dari perjuangan,” ungkapnya.

Parade Ethno Carnival merupakan wadah bagi kontingen untuk memperkenalkan budaya dan etnis dari daerah masing-masing yang menambah semaraknya upacara pembukaan kegiatan kompetisi antar mahasiswa ini. Selain Ethno Carnival, Grand Opening Pesona juga diwarnai dengan pertunjukkan drumband dari krida nusantara, parade bendera kontingen, pawai baju adat dan pengibaran bendera pesona oleh atlet berprestasi internasional.

Kostum Raja Buton Wa Kaa Kaa diangkat oleh IAIN Kendari karena memiliki keunikan tersendiri. Menurut sejarah, Raja Wa Kaa Kaa merupakan raja perempuan pertama di Kerajaan Buton yang sangat cantik dan memiliki kecerdasan, bijaksana, berani dan tangguh. Karena sifatnya itu, Wa Kaa Kaa diangkat sebagai raja oleh para pemuka adat. Dia memerintah di kerajaan Buton pada abad ke-13 Masehi selama kurang lebih 34 tahun. Kerajaan Buton atau kerajaan Wolio yang berpusat di kota Bau-bau Sulawesi Tenggara (Sultra) kini dikenal masyarakat luas sebagai salah satu khasanah budaya nusantara.

Karakter Raja Wa Kaa Kaa diperagakan oleh mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari Andi Nurcahayati. Kostum bernuansa merah yang ia kenakan memiliki tinggi dua meter dan berat sekitar 15 kilogram bernuansa warna merah menyala untuk menarik perhatian penonton. Andi Nurcahayati tampil di barisan paling akhir menyempatkan diri menyampaikan salam dari masyarakat Sulawesi Tenggara kepada Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, para rektor dan tamu undangan lainnya yang hadir pada perhelatan akbar tersebut.

Untuk diketahui, Kontingen IAIN Kendari pada Pesona I PTKN berjumlah 43 orang terdiri dari Wakil Rektor III, Herman, official dan atlet. Mengikuti 14 jenis perlombaan yang diselenggarakan secara luar jaringan yang diikuti. Kontingen IAIN Kendari tiba di Bandung Minggu, 7 Agustus 2022 dan akan mengikuti kegiatan tersebut hingga ditutup pada Jum’at malam, 18 Agustus 2022.

Reporter : Nurul
Editor       : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.