oleh

Tiga Siswi SD Butur Wakili Sultra pada Kompetisi Sains Nasional

KENDARIAKTUAL.COM, BURANGA – Tiga siswi Sekolah Dasar Negri (SDN) dari Kabupaten Buton Utara (Butur) yakni Zahwa Nur Fadhilah dari SDN 1 Lipu, Aulia Maha Rezki dari SDN 1 Labulanda, dan Ananda Lisa Aisya Salsabilla dari SDN 1 Bangkudu, akan mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jendral Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nomor : 2275/33/DM.00.03/2021 tentang penetapan calon peserta kompetisi sains (KSN-SD) tingkat nasional tahun 2021.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Butur, Sarudin mengatakan ketiga siswi tersebut sedah melakukan proses seleksi secara daring dan berhasil keluar sebagai juara.

“Alhamdulillah tahun ini, Buton Utara mengutus 3 tiga siswi Sekolah Dasar yang akan mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara diajang KSN bidang Ilmu pengetahuan Alam (IPA) tingkat nasional,” ungkap Sarudin saat ditemui diruang kerjannya, Jumat (8/10/2021).

Lebih lanjut kata dia, untuk pelaksanaanya, pihak Dinas Pendidikan Butur masih menunggu jadwal dari pusat, yang akan dilaksanakan di bulan November 2021 secara online.

“Jika perwakilan dari Sultra ada yang lolos di kompetisi tersebut, maka akan dilanjutkan ke tingkat internasional,” katanya.

Tidak hanya itu, Dinas Pendidikan Butur juga akan mengusahakan untuk memberikan hadiah khusus untuk ketiga siswi tersebut.

“Terkait hadiah, kami akan usahakan, meskipun beberapa anggaran dipotong untuk Covid-19,” tegasnya.

Sarudin berharap, kedepannya lebih banyak lagi perwaikilan Butur di kompetisi nasional seperti ini.

“Pada tahun yang lalu cuman satu orang, Alhamdulillah tahun ini sudah tiga orang yang mewakili Butur di ajang nasional. Semoga kedepannya bertambah lagi,” tutupnya.

Untuk diketahui, enam peserta dari Sultra akan mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN), tiga diantaranya dari Butur, satu dari Kabupaten Kolaka, satu dari Kota Kendari dan satu dari Kota Baubau.

Reporter : Denny
Editor : Wahyu

 


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *