UHO Bantu Warga Bungkutoko Berwirausaha

Pendidikan519 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI  – KKN Tematik Universitas Halu Oleo (UHO) pada tahun ini kembali melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan pembuatan produk olahan berbahan dasar ikan sebagai salah satu dari empat program pemberdayaan masyarakat lokal di Kelurahan Bungkutoko Kota Kendari. Rabu ((16/8/2023) .

Yustika Intan Permatahati, salah satu DPL mengatakan,  dalam pengabdian kali ini mengangkat tema Optimalisasi Pemanfaatan Potensi Kawasan Perairan Bungkutoko Melalui Revolusi Mental: Penyuluhan dan Pengembangan Soft Skill Masyarakat Berbasis Produk-Produk Perikanan.

Selain itu ungkapnya, kegiatan pengabdian seperti ini setiap tahunnya rutin dilakukan sebagai bentuk komitmen UHO untuk mengabdi penuh kepada masyarakat di wilayah Sulawesi Tenggara

“Masyarakat lokal yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sebanyak 30 orang yang hampir semuanya kaum perempuan,”jelasnya pada kendariaktual.com, Rabu (16/8/2023).

Dituturkannya, pihaknya mengajari masyarakay bagaimana memproduksi makanan otak-otak dan nugget yang merupakan produk olahan berbahan dasar ikan.

“ikan.kita gunakan adalah ikan tuna dan tenggiri, disokong pula oleh hasil tangkap nelayan-nelayan Bungkutoko yang lumayan tinggi terhadap kedua jenis ikan ini,:ungkapnya.

Sementara itu Lurah Bungkutoko Yusti Nandar menyatakan, program ini bisa ditindaklanjuti oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai mata pencaharian tambahan untuk meningkatkan perekonomian keluarga atau bahkan bisa dikonsumsi sendiri.

“Kelurahan Bungkutoko sejak beberapa tahun terakhir ini dijadikan lokasi pelaksanaan KKN Tematik oleh tim dosen dari UHO. Alhamdulillah tahun ini kami mendapat kesempatan lagi untuk berkolaborasi dengan UHO dalam pengembangan kapasitas warga Bungkotoko.:tuturnya.

Lutah menambahkan, kegiatan Ini sangat penting bagi warganya terlebih lagi bahan dasarnya adalah ikan yang sangat mudah untuk didapatkan dan merupakan makanan sehari-hari warga lokal di Bungkutoko.

 

Reporter : Astin
Editor      : Rasman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *