oleh

Wakil Wali Kota Dorong Inspektorat Kendari Audit Kinerja Berbasis Resiko

KENDARI AKTUAL.COM, KENDARI – Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Audit Kinerja yang digelar Inspektorat Kota Kendari di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (14/10/2021).

Bimtek Audit Kinerja dilakukan untuk meningkatkan kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Inspektorat Kota Kendari.

Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran mengatakan, di tahun 2022 pihaknya akan mendorong agar Inspektorat Kota Kendari melakukan audit kinerja berbasis resiko.

“Itu berguna agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat fokus pada program-program strategisnya,” katanya.

Dia juga memberikan apresiasi kepada Inspektorat Kota Kendari atas kerjasama yang terjalin dengan Inspektorat Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) atas Duplikasi Aplikasi Jari dan e-Proksi.

Sementara itu, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) Nani Kartika Nasution mengatakan untuk mendukung program-program strategis Pemerintah Kota Kendari, perlu adanya dukungan dari Inspektorat sebagai bagian dari tubuh pemerintahan.

Dia meminta, agar APIP yang memiliki fungsi audit kinerja perlu melihat program yang memilih resiko tinggi, sehingga perlu adanya pengawasan.

“Kita perlu melihat program- program mana yang beresiko tinggi, yang harus kita kawal dan mana yang paling penting menurut wali kota itu yang harus kita kawal karena kita ini adalah tangan kanannya, mata dan telinga pak wali kota,” terang Kepala BPKP Perwakilan Sultra Nani Kartika Nasution saat memberikan sambutan kepada peserta Bimtek Inspektorat Kota Kendari.

Nani berharap ada peningkatan kompetensi usai mengikuti bimtek audit kinerja tersebut dan menghasilkan rekomendasi, saran dan perbaikan yang memang dibutuhkan oleh Wali Kota Kendari.

 

 

Penulis: Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *