oleh

Arhawi Minta Wewenang Pengawasan Perairan Dikembalikan

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI  – Bupati Wakatobi Arhawi meminta wewenang pengawasan perairan dikembalikan ke daerah. Hal ini disampaikan bupati saat sosialisasi 4 pilar yang dilaksanakan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) bersama GP Ansor, Sabtu (12/9/2020).

Menurutnya, pihaknya meminta agar kewenangan pemerintah daerah (Pemda) terkait pengawasan perairan di daerahnya dikembalikan.

Sebab saat ini ungkapnya, Pemda tidak lagi diberi kewenangan terhadap pengawasan laut lewat UU nomor 23 tahun 2014, dimana 0-12 mil menjadi kewenangan pihak Provinsi Sultra dan 12 mil keatas menjadi kewenangan pemerintah pusat.

“Untuk kedepannya barangkali ini juga dapat menjadi catatan yang harus dibahas komisi 3 DPR RI. mudah-mudahan ada revisi yang bisa dilakukan. Sehingga keleluasaan terhadap otonomi dikembalikan kepada daerah,”ungkapnya.

Sementara itu  Wakil ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengatakan, kegiatan itu adalah yang diamanahkan konsitusi untuk anggota MPR agar dilakukan sosialisasi 4 pilar penguatan terhadap pancasila Undang-undang Dasar (UUD) Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal ika.

“Mengapa di Wakatobi, karena Wakatobi ini masuk dalam 10 top destinasi wisata Nasional. Penting, karena di wilayah yang menjadi fokus pembangunan seperti Wakatobi, harus memiliki kekuatan ideologi masyarakatnya,”katanya saat ditemui usai sosialisasi.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga menyampaikan agar kebudayaan daerah itu dapat terjaga. Terutama kekuatan masyarakatnya, dalam hal ini sumber daya manusia (sdm) nya.

“Kalau tidak, nanti Wakatobi maju tapi masyarakat atau budayanya keropos. Ini penting, bahwa saya juga telah menyampaikan kepada Bupati Wakatobi untuk menguatkan solidaritas masyarakat di daerahnya,” tuturnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan sosialisasi itu dihadiri oleh sekira 300 orang lebih masyarakat daerah setempat yang berasal dari kelompok pemuda, tokoh masyarakat, organisasi/kelembagaan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Bupati Wakatobi dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) kabupaten Wakatobi.

Reporter : La Ode Suhardin

Ketgam : Sosialisasi – Suasana sosialisasi 4 pilar Kebangsaan yang digelar di Museum, Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel), Kelurahan Mandati III, Sabtu, (12/9/2020).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait