oleh

Arhawi Resmikan Pengoperasian Listrik Sumber Mata Air

KENDARIAKTUAL.COM, WANGI-WANGI  -Bupati Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Arhawi meresmikan pengoperasian listrik di sumber mata air Tee Hu’u di desa Matahora, Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel), Minggu, (13/9/2020).

Sebelumnya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Wakatobi mengelola sumber Air Te-e Hu’u menggunakan genset dalam kurun waktu sekira 10 tahun.

Arhawi mengatakan, peningkatan pelayanan penyambungan air bersih yang pada tahun 2017 sebanyak 6.000, meningkat menjadi 9.000 pelanggan di tahun 2020.

“Saya kasi target bahwa PDAM ini bisa sehat apa bila bisa mendapat langganan 11-12 ribu. Sehingga pengeluaran dan pendapatan berimbang (break even point) PDAM ini berjalan dengan baik. Mudah-mudahan ini dapat terealisasi dari waktu ke waktu sehingga PDAM, Perusahaan Listrik Negara (PLN), Kesehatan, dan pendidikan masyarakat bisa terlayani dengan baik,”katanya.

Sementara itu, Direktur PDAM Kabupaten Wakatobi Zakaria menjelaskan, jika mata air Teee Hu’u ini melayani 11 kelurahan yang ada di pulau WangiWangi.

“Masuknya PLN di sumber mara air Tee Hu’u maka bisa dipastikan penyaluran air akan jalankan setiap hari, bukan lagi dilakukan sekali seminggu,”ucapnya

Zakaria mengungkapkan hingga Desember 2020 sambungan rumah yang ada di kabupaten Wakatobi mencapai 9.750 sambungan rumah.

“Kami telah mengelola 13 sumber mata air di Wakatobi, tersebar dipulau Binongko 2 sumber mata air, di pulau Tomia 3 sumber mata air, di pulau Kaledupa 3 sumber mata air, terbanyak ada di pulau Wangiwangi termasuk pulau Kapota sebanyak 7 sumber mata air,”terangnya

Reporter : La Ode Suhardin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *