oleh

IKM di Wakatobi Dilatih Pengolahan Rumput Laut

KENDARIAKTUAL.COM, WANGI – WANGI – Lima kelompok Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Wakatobi dilatih pengolahan rumput laut di Vila Nadila Kecamatan Wangi – Wangi Kabupaten Wakatobi, Senin (26/10/2020).

Kepala Sub Direktorat IKM dan bahan penyegar, Endang Purweni mengatakan, Dirjen IKM dan Aneka, Kemenperin berkomitmen untuk membangun IKM pengolahan rumput laut, mengingat peran penting IKM di Indonesia.

Diungkapkannya, saat ini terus mendorong pembinaan terhadap IKM di berbagai daerah sesuai dengan potensi daerahnya. Kabupaten Wakatobi merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi rumput laut, hal inilah yang menjadi dasar kementerian melatih IKM di kabupaten ini.

“Selain melaksanakan bimbingan teknik pengolahan rumput laut, kami juga memberikan bantuan fasilitasi peralatan untuk IKM pengolahan rumput laut di Wakatobi,”jelasnya, pada kendariaktual.com, Senin (26/10/2020).

Dituturkannya, dalam pelatihan ini IKM akan diberikan pemahaman tentang proses produksi olahan rumput laut, serta kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan produk rumput laut yang mempunyai nilai ekonomis.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kebupaten Wakatobi Safiuddin menyatakan, pihaknya berharap para peserta bisa mengikuti bimbingan teknis ini dengan maksimal. Sebab banyak manfaat yang bisa didapatkan melalui kegiatan tersebut.

Sebab lanjutnya, IKM bukan hanya dibantu alat untuk memproduksi hasil olahannya tetapi juga diajar cara mengoperasikan serta diajar berbagai macam olahan seperti membuat bakso dan olahan lainnya dengan bahan utama rumput laut.

“Setelah memahami bagaimana pengolahan rumput laut, maka kami dari pemerintah daerah akan kita bantu pemasarannya. Untuk itu kita berharap izin usaha setiap IKM bisa dilengkapi sehingga memudahkan pemasarannya, “tuturnya.

Reporter : La Ode Suhardin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait