oleh

Bawaslu Panggil Bupati Koltim, Istrinya dan Bupati Konawe

KENDARI AKTUAL.COM, TIRAWUTA – Bawaslu Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) memanggil Bupati Koltim,Tony Herbiansyah beserta istri, Surya Adelina Hutapea (Kadis Dikmudora Koltim) dan Bupati Konawe,Kery Saiful Konggoasa. Ketiganya dipanggil sebagai terlapor atas dugaan pelanggaran pemilihan kepala daerah (pilkada).

Divisi Hukum, Penindakan, Pelanggaran dan Sengketa (HPPS) Bawaslu Koltim, La Golonga mengatakan, mulai besok pihaknya akan memintai keterangan dari terlapor.

“Tadi teman-teman sudah berangkat membawa surat pemanggilan buat pak Kery. Tidak tau apakah teman-teman ketemu atau bagaimana,” katanya.

Hari ini, Bawaslu Koltim telah memeriksa dua saksi dari masyarakat yang melihat dan mendengar dalam kegiatan peresmian di desa Teposua. Mereka adalah Saldi Jaya dan Abdul Asis.

Selain itu, Bawaslu Koltim juga memintai keterangan dua orang pelapor yaitu Pelaksana tugas Sekretaris Umum Demokrat Koltim, Idul Fitri Syam dan Sekretaris Umum PAN Koltim, Risman Kadir.

La Golonga belum bisa menyimpulkan akan adanya unsur pelanggaran pilkada meskipun sudah melakukan pemeriksaan terhadap saksi dan pelapor.

“Sekarang ini belum bisa kita simpulkan karena mau dipanggil dulu pihak-pihak terkait. Misalnya, yang diuntungkan siapa dan yang dirugikan siapa. Kalau pasangan calon siapa pasangan calonnya,” ujarnya.

“Mereka (saksi) kan hanya melihat kondisi disana (Teposua). Kita juga memeriksa dari pelapor. Setelah itu kita memanggil terlapor apakah memenuhi unsur pelanggaran dalam Undang-undang nomor 10 tahun 2016 pasal 71 ayat 3. Nanti kan kita lihat. Unsur pasal itu akan kita uji, apakah memenuhi unsur atau tidak. Kalau misalnya terpenuhi maka akan ditindaklanjuti,”tambah La Golonga.

Sebagaimana diketahui, empat pimpinan parpol telah melaporkan dugaan pelanggaran yang dilakukan Bupati Koltim, Tony Herbiansyah pada kegiatan peresmian obyek wisata desa Teposua, Rabu (2/9/2020).

Reporter : Haswin Rangga

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait