oleh

BNNP Sultra Dorong OPD dan Instansi Vertikal Lakukan Upaya Penerapan P4GN

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebutkan, masih banyak organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi vertikal di provinsi yang belum melakukan upaya  pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Sabaruddin Ginting menjelaskan, sekitar sembilan OPD di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, yang belum mengimplementasikan Inpres Nomor 2 tahun 2020 tentang aksi nasional  upaya P4GN.

“Kita masih berada di posisi yang cukup bagus, tetapi ada kecenderungan memang di tahun 2020 kemarin karena kita mengantisipasi wabah COVID-19. Sehingga beberapa pekerjaan-pekerjaan itu agak sedikit terganggu,” ujarnya saat ditemui awak media, Rabu (13/1/2021).

Meski begitu, di tahun ini pihaknya akan terus berupaya mendorong seluruh pihak untuk mengoptimalkan penerapan P4GN.

Selain itu, katanya, juga masih banyak instansi vertikal yang tidak melakukan implementasi Inpres yang meliputi empat generik, yaitu melaksanakan sosialisasi, tes urin, membentuk satgas/penggiat kader antinarkoba dan regulasi di instansi masing-masing.

“Seorang relawan harus punya kemauan, punya integritas untuk menjadi motor sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba. Paling tidak Inpres ini bisa kita laksanakan supaya upaya-upaya pencegahan terhadap narkoba terutama dilingkungan OPD dan instanei vertikal ini betul-betul bisa terselenggarakan,” katanya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas mengaku, terkait adanya OPD yang belum semua melakukan upaya P4GN, akan menjadi perhatian pihaknya, agar ke depannya semua bisa melaksanakan implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang upaya P4GN.

“Inpres Nomor 2 ini kita sudah laksanakan, namun demikian masih ada yang perlu kita tingkatkan karena dari laporan masih ada beberapa OPD yang belum sama sekali melaksanakan. Tentunya ini menjadi atensi saya untuk mendorong para kepala OPD agar melaksanakan kegiatan P4GN ini,” ungkapnya.

Ia pun akan menyampaikan hal itu kepada semua OPD lingkup Pemprov Sultra. Untuk membuat rencana atau aksi sosialisasi, yang bisa dilakukan secara mandiri di masing-masing OPD, maupun antar OPD yang nantinya akan difasilitasi oleh BNN.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa para rewalan antinarkoba di lingkup OPD nantinya akan dilantik pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI).

Reporter: Abdi Sabriansyah
Editor: Randi Ardiansyah


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait