oleh

Bunuh Diri di Konsel Dominasi Kasus Penemuan Mayat Sepanjang 2020

KENDARIAKTUAL.COM,ANDOOLO – Polres Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) merilis pengungkapan kasus sepanjang tahun 2020, untuk kasus penemuan mayat total mencapai 22 kasus. Dari jumlah itu, bunuh diri mendominasi kasus penemuan mayat di wilayah itu.

Hal ini diungkapkan oleh Kapolres Konsel, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Erwin Pratomo. Dalam acara konferensi pers yang digelar di Aula Polres Konsel, Rabu (30/12/2020).

Erwin mengatakan, di tahun 2020 ini kasus penemuan mayat di daerah itu mengalami peningkatan, dari total 22 jumlah penemuan mayat tahun ini merupakan yang tertinggi dibanding tahun sebelumnya.

Erwin merinci, penemuan mayat sepanjang tahun 2020 disebabkan oleh aksi pembunuhan sebanyak 4 kasus, bencana alam 1, Laka lantas 6, sakit 4 dan bunuh diri sebanyak 7 kasus. Untuk kasus pembunuhan itu semua bisa diungkap pelakunya.

“Jadi, total semua itu ada 22 kasus, memang tahun ini penyebabnya bunuh diri mendominasi, ini telah menjadi perhatian kami,” kata Erwin.

Erwin menyebut, kasus bunuh diri dilatar belakangi oleh masalah ekonomi dan asmara.

“Kita sudah tekankan pada anggota kita dilapangan, bhabinkamtibmas, untuk selalu melakukan pendekatan ke masyarakat, sosialisasi dan upaya lain agar masyarakat bisa memiliki kesadaran hidup yang benar,” ujarnya.

Tak hanya itu, beberapa kasus golongan kejahatan seperti kekayaan terhadap negara dan konvensional juga mengalami peningkatan.

“Kejahatan konvensional ini seperti penganiayaan, pencurian biasa, pengeroyokan, dan lainya itu naik. Tahun 2019 berjumlah 359 tahun ini berjumlah 413 kasus, naik 54 kasus. Sedangkan kejahatan kekayaan terhadap negara tahun 2019 ada 2 ditahun 2020 ini bertambah 1 jadi totalnya tiga,” paparnya.

Untuk tindak pidana Narkoba, ditahun 2019 tedapat 10 kasus, tahun 2020 sebanyak 18 kasus. Untuk jumlah tersangkanya, tahun 2019 ada sebanyak 17 orang ditahun 2020 ada sebanyak 28 orang.

Reporter : Ari
Editor : M Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait