Dana Pemeliharaan Jalan di Sultra Minim

Kendari561 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Dana pemeliharaan jalan Provinsi di Sulawesi Tenggara (Sultr) pafa APBD 2024 minim. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra Pahri Yamsul.

Pahri mengatakan, untuk 2024 ini alokasi anggaran yang diperuntukkan untuk pemeliharaan jalan hanya Rp 2 Milliar. Jumlah ini tentunya sangatlah minim jika dibandingkan dengan jalan yang mesti dilakukan pemeliharaan.

Untuk saat ini jalan yang mesti dilakukan pemeliharaan katanya, kurang lebih 176 KM. Dengan panjang jalan seperti ini idealnya alokasi anggaran untuk pemeliharaan berkisar diangka Rp 20 Milliar.

“Hitungannya pemeliharaan jalan itu Rp 80 juta per KM. Jadi dengan panjang jalan yang mesti kita berani sekitar 176 KM maka kurang lebih kita membutuhkan Rp 14 Milliar sampai dengan Rp 20 Milliar,”jelasnya pada kendariaktual.com, Minggu (2/6/2024).

Pahri menuturkan, kerusakan jalan di Kota Kendari banyak disebabkan dari beberapa hal. Salah satunya kendaraan yang melintas dijalan tidak sesuai dengan kapasitas tonase jalan.

Namun begitu lanjutnya, hal tersebut tidak bisa menjadi permasalahan sebab jalan yang dilewati merupakan jalan transportasi umum.

“Dengan kondisi ini memang kita membutuhkan peningkatan anggaran pemeliharaan jalan. Sehingga jalan di Sultra bisa dibenahi,”tuturnya.

Reporter : Intan
Editor      : Rasman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *