oleh

Dihantam Ombak, KM Putra Rahim Hilang fi Perairan Lasalimu

-Buton-3 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – KM Putra Rahim yang bermuatan kayu serta ditumpangi tiga orang warga bernama Salihi (kapten), Labola (ABK) dan Walahu (ABK). Kapal tersebut kemasukan banyak air setelah terombang-ambing akibat cuaca buruk, Kamis (23/12/2021).

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi mengatakan, pihaknya menerima informasi dari salah seorang keluarga korban yang melaporkan sekitar pukul 08.00 WITA, KM Putra Rahim mengalami mati mesin di perairan tersebut.

“Kita dapat informasi sekira pukul 10.37 WITA, sekira pukul 13.14 WITA, tim Rescue Pos SAR Wakatobi tiba di LKK dan langsung melakukan pencarian,”jelasnya pada kendariaktual.com,  Kamis (23/12/2021).

Setelah berjam-jam melakukan pencarian, Tim SAR belum menemukan titik dan keberadaan kapal. Sekitar pukul 18.00 WITA, saat waktu sudah memasuki malam hari, pihaknya terpaksa menghentikan pencarian untuk sementara waktu dan rencananya akan dilanjutkan, pada Jumat (24/12/2021).

“Hingga memasuki pukul 18.00 WITA, pencarian yang dilakukan hasilnya nihil. Operasi SAR dihentikan sementara dan akan dilanjutkan besok pagi pada pukul 06.00 Wita,” tambahnya.

Diungkapkannya, cuaca buruk berupa angin kencang dan gelombang yang tinggi menjadi salah satu penyebab terkendalanya pencarian KM Putra Rahim ini.

Selain itu, dari hasil koordinasi dengan SROP Kendari, SROP Baubau, KSOP Kendari dan KUPP Baubau juga hasilnya nihil, kapal tersebut belum ditemukan.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dia berharap kepada seluruh masyarakat, nelayan dan warga lainnya yang bakal beraktifitas di wilayah perairan agar lebih berhati-hati, serta menghindari lokasi yang rawan bencana. Terlebih tinggi gelombang diperkirakan mencapai 1 hingga 2 meter.

 

Penulis  : M Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait