Dirops Basarnas Buka Rapat Penyusunan Rencana Kontingensi

Kendari813 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI  – Direktur Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Brigjend TNI (Mar) Edy Prakoso membuka  Rapat penyusunan rencana kontingensi kecelakaan kapal di perairan toronipa Kabupaten Konawe, Kamis (24/8/2023) di Aula Kantor BasarnasKendari.

Edy Prakoso mengatakan, SAR adalah tugas dan tanggung jawab bersama, oleh karena itu diperlukan sinergitas antara basarnas dengan seluruh Potensi SAR, Operasi SAR yang efektivitas, efisien, handal.dan terpadu menentukan keberhasilan Operasi.

Selain itu katanya, KPP Kendari tidak dapat bekerja sendiri, perlu adanya sinergindan dukungan dari pemerintah daerah, TNI/Polri, masyarakat serta Potensi SAR sehingga dapat mewujudkan tekad memberikan layanan SAR terbaik kepada masyarakat.

“Rencana Kontingensi ini diharapkan dapat menjadi acuan/pedoman bagi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari dan organisasi/instansi potensi pencarian dan pertolongan dalam melaksanakan penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan yang berada di wilayah Kendari,”jelasnya dalam sambutannya, Kamis (24/8/2023).

Dituturkannya, dengan adanya Rencana Kontingensi diharapkan dapat tercipta koordinasi yang baik dengan para organisasi/potensi pencarian dan pertolongan dalam penanganan Penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan dapat berjalan secara efektif, efisien, andal, dan aman.

Ditambahkannya, rencana kontingensi ini disusun sebagai bahan masukan bagi seluruh pihak yang terkait pencarian dan pertolongan sebagai pedoman untuk menentukan kebijakan penanganan Kecelakaan Kapal di Wilayah Kendari.

Sementara itu Kepala Basarnas Kendari Muhammad Arafah mengungkapkan, total penanganan kecelakaan diwilayah sekitar perairan toronipa dari tahun 2018 sebanyak 28 kasus yang terdiri dari kecelakaan kapal 19 kasus dan kondisi membahayakan manusia 9 kasus.

“Dalam rapat ini diikuti oleh Lanal Kendari, Lanud haluoleo, RSUD Kendari Distrik Navigasi, BMKG Stasiun maritim, Orari, RAPI, Dinas Kesehatan, KSOP Kendari, Polairud, Brimob, BPBD Konawe, Kantor kesehatan pelabuhan Kendari, PMI Kendari, Airnav dan Dinas Kominfo,”terangnya.

 

Penulis : Rasman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *