oleh

Diselenggarakan di Kota Baubau, Musrenbang Sultra Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

-Baubau, Berita-113 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, BAUBAU – Jelang pelaksanaan Musyawarah rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Pemerintah Kota Baubau menggelar jamuan makan malam pada para bupati/wali kota dan tamu. Kegiatan ini berlangsung di rumah jabatan Wali Kota Baubau, Selasa (29/3/2022).

Plt. Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menyampaikan terimakasihnya pada Gubernur Sultra yang telah menunjuk Kota Baubau sebagai tuan rumah. Dia juga menyampaikan hal serupa pada Wali Kota Kendari yang telah merelakan agar pelaksanaan musrenbang berlangsung di luar Kota Kendari.

“Terimakasih kepada Wali Kota Kendari, atas keikhlasannya menyerahkan pelaksanaannya di Kota Baubau. Mudah-mudahan setelah ini bergilir di kabupaten kota lainnya. Saya dengar tadi bupati Konawe Kepulauan siap,” katanya saat memberikan sambutan.

Menurutnya, Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD provinsi di Kota Baubau, menjadi sejarah bagi pemerintah dan masyarakat kota Baubau, karena baru kali ini Rakortekrenbang dan Musrenbang RKPD Provinsi Sulawesi Tenggara diselenggarakan di luar Kota Kendari.

Ahmad Monianse juga mengaku, dengan pelaksanaan Rapat Koordinator Teknis Rencana Pembangunan (Rakortekrembang) yang sudah dilaksanakan selama dua hari di kota Baubau, mampu menghidupkan ribuan pelaku usaha UMKM di kota Baubau, termasuk hotel, transportasi dan sektor jasa lainnya. Akibat kegiatan ini diperkirakan uang beredar sekira Rp 10 miliar.

“Musrenbang RKPD Provinsi Sulawesi Tenggara telah menguntungkan sekitar 6033 pelaku usaha di Kota Baubau, telah memberikan kontribusi lebih dari 60 persen pertumbuhan ekonomi daerah,” ujarnya.

Selain musrenbang Pemkot Baubau telah merancang sejumlah agenda tingkat provinsi untuk digelar di Kota Baubau diantaranya, Jambore PKK dan napak tilas Sultan Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi.

Hadir juga dalam jamuan makan malam itu, Wali Kota Kendari dan sejumlah bupati se Sulawesi Tenggara.

 

Penulis: Wahyu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.