oleh

DPRD dan KPU Kendari Bahas Penambahan Kursi

-Kendari-160 views

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI  – Dengan jumlah penduduk Kota Kendari berdasarkan data Badan Pusat statistik (BPS) pada Oktober 2020 yang mencapai 392.000 ribu jiwa, membuat potensi bertambahnya jumlah kursi di DPRD Kota Kendari sangat besar.

Ketua KPU Kota Kendari Jurnwal Saleh mengatakan, jika dilihat pertumbuhan jumlah penduduk di Kota Kendari sangatlah pesat. Jadi jika dilihat potensinya jumlah penduduk Kota Kendari pada 2024 mendatang bisa melebih 400.000 jiwa.

“Jika jumlah penduduk Kota Kendari telah mencapai 400.001 orang di 2024 nantinya makan jumlah kursi di DPRD Kota Kendari akan bertambah menjadi 5 dan total kursi  menjadi 40 kursi,” jelasnya, di kantor DPRD Kota Kendari,  Senin (12/10/2020).

Guna menindak lanjuti hal ini ungkapnya, DPRD Kota Kendari harus bisa mengambil langkah-langkah guna menyiapkan perambahan jumlah alokasi kursi nantinya.

“Kemungkinan bertambah cukup terbuka. Saat ini kita hanya mempersiapkan dari segi penganggaran dan beberapa hal lainnya. Salah satunya melakukan Forum diskusi yang berskala besar maupun kecil guna persiapan bertambahnya alokasi kursi di DPRD Kota Kendari, “ujarnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Kendari  Subhan menuturkan, untuk persoalan bertambahnya jumlah kursi ini pihaknya akan melakukan sinkronisasi data dengan beberapa stakeholder terkait.  Sebab untuk memastikan hal tersebut diperlukan data yang pasti terkait jumlah penduduk.

“Potensi untuk bertambahnya jumlah kursi sangat besar. Saat ini tinggal bagaimana data yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta BPS bisa sama,”terangnya.

Selain itu politisi Partai Keadilan Sejahtera ini menjelaskan, untuk kesiapan kantor DPRD Kota Kendari untuk menampung jumlah anggota 40 orang tidak menjadi masalah. Sebab kantor DPRD Kota Kendari yang baru ini telah didesain untuk menampung 45 orang anggota DPRD kota Kendari.

“Kalau persiapan kita sendiri untuk ruangan dan kursi di ruang paripurna tidak jadi soal. Karena kantor ini didesain untuk 45 orang anggota DPRD, “tukasnya.

Reporter  : Rezky

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait