DPRD Minta Bapenda Kendari Maksimalkan Retribusi Parkir

Advetorial1294 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – DPRD kota Kendari meminta Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) setempat untuk lebih maksimal lagi dalam melakukan pengawasan retribusi parkir di Ibukota Sulawesi Tenggara ini. Pasalnya, masih banyak parkir di Kota Kendari yang belum dikelola oleh Pemkot Kendari.

Anggota Komisi II DPRD Kota Kendari Novianna mengatakan, masih banyak retribusi parkir di kota lulo yang hingga sekarang ini belum terkelola maksimal oleh Pemerintah Kota Kendari. Maka dari itu pihaknya berharap, hal ini bisa menjadi perhatian dari Pemkot Kendari.

Salah satu hal yang mesti dilakukan ungkap politisi Partai Demokrat ini, Bapenda Kota Kendari hendaknya dapat lebih proaktif dalam melakukan pengawasan terhadap pengelolaan parkir di Kota Kendari.

POTENSI PAD -Parkiran menjadi salah satu sektor yang memiliki potensi pengelolaann PAD. FOTO : ISTIMEWA

“Berdasarkan pemantauan yang kami lakukan masih banyak parkir liar di Kota Kendari. Dimana petugas parkir yang menarik retribusi tidak menggunakan karcis,”jelasnya, pada kendariaktual.com, Kamis (12/5/2023).

Kondisi seperti ini lanjutnya, tentu merugikan pemerintah kota kendari dari segi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Padahal jika dilihat dari potensi PAD dari retribusi parkir ini sangatlah besar yang bisa diraih oleh Pemkot Kendari.

Saat ini pemerintah Kota Kendari kata Legisator asal Kecamatan Kendari dan Kendari Barat ini, baru memaksimalkan retribusi parkir pada beberapa lokasi saja. Sebut saja, lippo plaza, mall mandonga dan beberapa pusat perbelanjaan lainnya yang ditarik retribusi parkir. Sedangkan beberapa wilayah lain belum dikelola dengan maksimal.

“Kalau saya melihat masih belum maksimal dalam pengawasan retribusi parkir ini. Jadi kami minta Bapenda lebih proaktif dalam menyikapi persoalan ini,”tuturnya.

Ilustrasi

Anggota DPRD Kota Kendari dua periode ini menukaskan, untuk memaksimalkan pengelolaan parkir di Kota Kendari ini diperlukan adanya Perusahaan Umum Daerah (Perumda) yang menangani persoalan ini.

Dengan begitu lanjutnya, pengelolaan parkir di Kota Kendari bisa terpusat dan bisa lebih maksimal memberikan sumbangan PAD bagi Pemerintah Kota Kendari. Maka dari itu, perlu adanya kajian terkait pembentukkan Perumda Parkir di Kota Kendari.

“Kami tentunya akan mendukung Pemerintah Kota Kendari untuk pembentukan Perumda Parkir. Sebab saat ini Pemkot Kendari juga telah membentuk Perumda Pasar dan Perumda Air Minum Tirta Anoa, “tukasnya, (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *