oleh

DRPD Konsel Beri Catatan Terkait LKPJ Bupati Konsel

KENDARIAKTUAL.COM, ANDOOLO – Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) memberikan tanggapan terhadap Bupati Konsel, Surunuddin Dangga terkait Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2020. Hal itu disampaikan dalam rapat Paripurna yang digelar di Aula rapat DPRD setempat. Kamis (15/7/2021).

Fraksi Golkar memberikan catatan rekomendasi perbaikan infrastruktur dan fasilitas kesehatan di Kabupaten Konsel, juga perbaikan kegiatan fisik atas pemeliharaan diberbagai dinas seperti dinas Perhubungan, Ketahanan Pangan, dan Dinas Pendidikan.

“Seperti halnya di Kecamatan Tinanggea. Pembangunan Puskesmas Tinanggea masih belum rampung, ” sebut Nilda anggota DPRD Fraksi Golkar.

Selain itu, Partai Gerindra, menyoroti sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang belum dikelola secara optimal. Pencapaian PAD dianggap masih rendah dan pengelolaanya belum maksimal. Pemerintah diminta perlu menggali sumber PAD seperti sektor destinasi wisata, ketel nilam dan usaha burung walet.

Persoalan pengerjaan pengaspalan jalan Lapoa Indah dan Wawobende Kecamatan Andoolo Barat belum maksimal dan menjadi temuan badan pemeriksa keuangan (BPK) juga menjadi catatan DPRD konsel ke pemerintah kabupaten setempat.

Sementara itu, bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan siap mebenahi sejumlah catatan Dewan terhadap LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2020. Surunuddin mengakui, di tahun 2020 daerah banyak mengalami hambatan yang disebabkan oleh tahun politik dan masa pandemi.

“Sehingga tidak sesuai dari apa yang direncanakan,” kata Surunuddin menanggapi rekomendasi DPRD.

Temuan yang disoroti oleh DPRD dalam pembangunan fisik Ia mengungkapkan Inspektorat akan menyampaikan ke OPD agar melakukan perbaikan perbaikan sesuai yang disampaikan.

“Pemda terkendala bukan soal defisitnya anggaran tetapi soal standar akutansinya yang tidak dipatuhi. Ia meyakini akan wujudkan perbaikan dalam APBD-Perubahan,” ujarnya.

Surunuddin menambahkan, saat ini pihaknya fokus menangani pandemi Covid-19. Surunuddin menambahkan terkait hasil monitoring DPRD akan proyek fisik dibeberapa lokasi belum maksimal, pihaknya tidak akan segan memblack list perusahaan yang tidak bekerja maksimal.

 

Reporter : Ari
Editor       : M Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait