oleh

Fashion Brand Lokal Tampil di UMKM Sultra Expo 2022, Saatnya Go Global

-Kendari-372 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sulawesi Tenggara (Sultra) dikatakan Gubernur Sultra, Ali Mazi sudah waktunya tembus di pasar global.

Ali Mazi dalam sambutannya membuka UMKM Expo 2022, Kamis (21/7/2022) kualitas yang dimiliki brand lokal Sultra tidak kalah dengan brand lainnya, bahkan sudah bisa tembus pasar dunia.

Tidak hanya kerajinan tangan, dan berbagai olahan makanan atau minuman. Fashion atau pakaian dari brand lokal pun ambil bagian pada UMKM Expo 2022 ini, tentunya kainnya  pun khas Sultra seperti tenun Sultra.

“Saat ini kita berada pada era ekonomi tanpa batas, sehingga terbuka pasar ekonomi yang luas, tidak hanya domestik tapi juga global. Untuk itu, saatnya UMKM kini berperan aktif sebagai pelaku usaha ekspor untuk meningkatkan nilai tambah produk lokal,” kata Ali Mazi.

Menurutnya, pengembangan UMKM perlu didorong, apalagi sesuai data 99 persen usaha di Sultra didominasi oleh UMKM.

“Perlu dilakukan kegiatan penyesuaian berbisnis agar produk-produk unggulan UMKM Sultra berpeluang menjadi komoditas ekspor. Olehnya pengembangan UMKM go digital dan export harus didorong mengingat UMKM berperan besar terhadap perekonomian dan penyerapan tenaga kerja,” ujar Ali Mazi.

Sementara itu, Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sultra, Doni Septadijaya mengatakan, ada 66 stan UMKM yang memeriahkan UMKM Sultra Expo 2022.

“Yakni UMKM fashion atau pakaian, kriya dan makanan atau food. UMKM Kendari masih mendominasi,” kata Doni.

Pihaknya berharap, kedepan para pelaku UMKM Sultra dapat naik level yakni bisa tembus pasar ekspor.

“Ini cara kami agar bisa meningkatkan kualitas atau level up UMKM, dari belum digital jadi digital, terutama aspek pemasaran dan jangkau pasar lebih luas. Kalau kualitasnya sudah baik maka kita mendorong komoditas UMKM ini menuju pasar ekspor,” pungkasnya.

Reporter : Nurul
Editor      : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.