oleh

Guru Diminta Tak Hanya Berikan PR Saat PBM Daring

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora), Pemerintah Kota Kendari meminta para guru tidak hanya memberikan tugas selama Proses Belajar Mengajar (PBM) secara daring (online). Tapi juga harus lebih kreatif dalam membuat bahan ajaran kepada para siswa.

Plt Kepala Dikmudora Kendari Makmur mengungkapkan, hal itu bertujuan untuk membuat para siswa lebih mudah dalam memahami dan mencerna setiap pelajaran yang diberikan oleh para guru dalam PBM.

“Sangat dibutuhkan inovasi dan kreatifitas para guru, dalam kondisi seperti saat ini. Agar kegiatan belajar dari rumah tetap bisa efektif, menyenangkan dan mduah untuk dimengerti oleh siswa,” kata Makmur saat ditemui awak media, Jumat (14/8/2020).

Menurutnya, inovasi dan kreatifitas tenaga pendidik ditengah pandemi Covid-19 saat ini, sangat menentukan respon belajar para siswa meski melalui daring. Ia pun mengimbau, agar seluruh guru di Kendari dapat mengemas materi pelajaran yang menarik dan efisien. .

Ia mengaku, ada banyak cara yang bisa di lakukan oleh para guru untuk menciptakan bahan ajar yang mudah dipahami, sehingga diharapkan akan ada respon balik yang di lakukan siswa terhadap gurunya.

“Misalnya, bahan ajar yang dipaparkan bisa disertai dengan gambar dan video yang berisi poin-poin pembahasan. Yang disertai dengan penjelasan yang singkat, para guru juga jangan melakukn penjelasan materinya dengan memakan waktu yang lama,” terangnya.

Selain itu, Makmur juga menegaskan agar para guru tidak memberikan beban tugas yang banyak kepada siswa. Hal ini dilakukan guna menghindari peserta didik untuk tidak kelelahan dalam melaksanakan PBM di tengah Covid-19 ini.

“Intensitas pemberian tugas kepada siswa akan kita batasi. Seperti satu kali dalam seminggu saja. Mislanya dalam minggu ini diberikan tugas maka minggu depanya jangan lagi,” tutupnya.

 

*Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *