oleh

Guru SD Diajak Manfaatkan Aplikasi VC Untuk Tunjang PBM

KENDARIAKTUAL.COM,  KENDARI – Tim Pengabdian Masyarakat Internal Universitas Halu Oleo (UHO) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) mengajak guru SDN 1 Kendari dan SDN 42 Kendari untuk memanfaatkan aplikasi Video Converence (VC) untuk penunjan Proses Belajar Mengaja (PBM) selama pandemi Covid-19.

Tim pengabdian yang terdiri dari Sitti Rahmaniar Abubakar, Dorce Banne Pabungan, Salim, dan Nurhayati, S.Pd.,M.Pd serta satu orang mahasiswa Muhammad Ramdan ini bertujuan untuk menunjang pembelajaran selama Pandemi Covid-19.

Salah satu anggota tim pengabdian Rahmaniar mengatakan, Kegiatan pengabdian ini berfokus pada penanganan Covid-19 yang digaungkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan sehingga tim penelitian yang memilik background pendidikan berupaya untuk terlibat dalam kegiatan pengabdian ini.

“Di era perkembangan teknologi, komunikasi dan informasi yang semakin pesat, pembelajaran online di masa pandemi in idapat terlaksana dengan menggunakan berbagai platform, berupa video conference. Aplikasi video conference yang banyak digunakan selama pembelajaran jarak jauh diantaranya, aplikasi zoom, google meet, dancisco webe,” ujarnya melalui siaran pers, Rabu (4/11/2020).

Kata dia, Aplikasi video conference yang disampaikan yaitu zoom, google meet, dan cisco webex. Guru sebagai peserta pelatihan ini diperkenalkan semua fitur yang ada pada 3 aplikasi video conference dengan tujuan agar para guru mempunyai perbandingan pengetahuan terhadap ketiga aplikasi video conference sehingga kedepan dapa tmemilih aplikasi sesuai kondisi dan kebutuhan serta dapat mengeksplorasi dengan tepat teknik pembelajaran online dengan menggunakan video conference.

Sementara itu, Hasniah sebagai salah seorang peserta pelatihan mengungkapkan ia sangat bersyukur dengan adanya pelatihan ini karena menambah pengetahuan baginya untuk mengeksplor lebih lanjut fitur ketiga aplikasi video conference tersebut.

“Sehingga kami dapat mendesain pembelajaran online yang lebih baik lagi untuk menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar online. Kami juga berterima kasih kepada Tim pengabdian UHO yang telah memberikan bantuan 4 akun zoom pro yang dapat kami gunakan dalam pembelajaran online karena selama ini kami menggunakan zoom versi free denganfitur yang terbatas,” tutupnya.

Reperter : Krismawan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait