oleh

HPN 2022 Dorong Ekosistem Pariwisata Sultra Bangkit

-Ekobis-2 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang dipusatkan di Ibu Kota Sulawesi Tenggara (Sultra) dukung ekosistem sektor pariwisata di Bumi Anoa untuk bangkit dan memberikan sumbangsih bagi pengembangan ekonomi daerah.

Hadir dalam seminar Pariwisata Bangkit dalam perayaan HPN pada 7 Februari lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengajak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dapat bekerjasama dengan masyarakat dan stake holder lainnya untuk menggerakkan ekosistem pariwisata serta menggali potensi yang ada di Sultra.

“Potensi Sulawesi Tenggara sebagai tuan rumah HPN sekaligus Friendly Muslim Destination (FMD) juga harus terus dikembangkan,” katanya Kamis (10/2/2022).

Sementara itu putra daerah sekaligus tokoh pariwisata dan Anggota Komisi II DPR RI Hugua mengatakan, wilayah Wakatobi yang saat ini berstatus sebagai pusat karang dunia kiranya dapat di explor lebih jauh terutama bagi para insan pers untuk mewujudkan Beyond Wakatobi.

“Beyond Wakatobi juga dapat menggerakkan perekonomian daerah terutama di desa-desa wisata bahari di 7 daerah Kabupaten dan Kota di Sultra,” ujarnya.

Disisi lain, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas mengutarakan, dalam pengembangan desa wisata bahari keterlibatan masyarakat secara langsung menjadi hal yang utama.

“Kedepan Sultra juga harus memiliki event internasional yang bisa melibatkan masyarakat secara langsung. Terutama dalam pengembangan kawasan wisata,” bebernya.

Untuk diketahui seminar Pariwisata Bangkit menghasilkan 9 point utama bagi pengembangan ekosistem pariwisata diantaranya :
1. Mendorong terbentuknya ekosistem pariwisata berbasis bahari terutama Beyond Wakatobi, yaitu Benteng Keraton Wolio, Rawa Aopa Watumohai, Pulau Padamarang, Matarombeo, Liang Kabori (Karts Lohia), Kepulauan Selat Tiworo dan Toronipa-Labengki;

2. Menjadikan Presiden Jokowi sebagai agent perubahan dan penggerak pariwisata berkelanjutan dengan momentum Ketua G20 dan COP;

3.Mendorong penyelenggaraan event nasional dan internasional berkelanjutan dan konsisten didukung oleh digital marketing yang masif;

4. Mendorong kolaborasi pentahelix untuk pembangunan kepariwisataan Sulawesi Tenggara;

5. Meningkatkan kapasitas SDM dengan pelatihan dan pendampingan secara konsisten;

6. Membangun 17 kabupaten kota Kreatif Sulawesi Tenggara;

7. Mendorong pembangunan Desa Wisata berkelanjutan;

8. Memperkuat perwilayahan destinasi pariwisata nasional di Sulawesi Tenggara melalui dukungan regulasi pemerintah;

9. Memberikan kemudahan berinvestasi khususnya di sektor pariwisata

 

Reporter : Erviana Hasan
Editor       : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.