HUT Ke 77, Spensa Kendari Gelar Jalan Santai

Kendari1431 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – SMP Negeri 1 (Spensa) Kendari merayakan hari jadinya yang ke-77 dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan. Puncak perayaan ini ditandai dengan acara jalan santai yang diorganisir oleh Ikatan Alumni (IKA) Spensa, sebagai salah satu cara untuk menghidupkan kembali tali persaudaraan di antara alumni dan seluruh warga sekolah, Pada Minggu, (7/7/2024).

Acara jalan santai ini dimulai dari Masjid Agung Al-Kautsar dan berakhir di SMPN 1 Kendari. Setelah rute jalan santai selesai ditempuh, kegiatan dilanjutkan dengan senam bersama.

Ketua Panitia kegiatan, yang juga merupakan Ketua IKA Spensa Angkatan 1994, Aksan Jaya Putra, menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan peringatan HUT Spensa ke-77 telah dimulai sejak beberapa waktu sebelumnya dengan berbagai acara seperti visit home, lomba futsal, domino, donor darah, dan acara puncaknya yaitu jalan santai, senam bersama, serta pameran kuliner.

“Kami selaku panitia mengucapkan terima kasih kepada kakak-kakak dan adik-adik alumni Spensa Kendari yang turut serta memeriahkan agenda HUT Spensa ke-77,” ujar Aksan.

Dalam sambutannya, Aksan menekankan pentingnya merangkai kisah kebersamaan di momen spesial ini, mengingat usia sekolah yang sudah mencapai 77 tahun.

“Ini memang merupakan momen yang sangat kita nantikan sebab merupakan HUT ke-77 tahun. Alhamdulillah, angkatan saya, angkatan 1994, dipercaya menjadi panitia. Walaupun dengan waktu yang sangat singkat, kita berhasil menyelesaikan tugas dan tanggung jawab kita,”ujarnya.

Aksan juga menyoroti sejarah SMPN 1 Kendari sebagai sekolah para pemimpin dan berharap pada Pilkada dan Pemilu 2024, banyak alumni Spensa yang terpilih untuk memimpin Sulawesi Tenggara, Kota Kendari, serta daerah-daerah lainnya.

“Sekali lagi, Spensa adalah sekolah para pemimpin. Insya Allah, bertepatan dengan satu Muharram, Spensa bisa, sehingga akan muncul pemimpin dari Spensa di 2024. Insya Allah kita akan dipertemukan dengan HUT Spensa ke-78 di tahun berikutnya,” harapnya.

Ketua Umum IKA Spensa Kendari, Pahri Yamsul, turut memberikan harapan dalam peringatan ini. Ia berharap semangat kekeluargaan dan kekerabatan di lingkungan IKA Spensa tetap terjaga, serta dukungan terhadap SMPN 1 Kendari agar tetap menjadi sekolah unggulan.

“Apalagi sudah dua tahun berturut-turut, 2023 dan 2024, Spensa menjadi sekolah terbaik di Sultra. Harapan kami semoga ini bisa tetap terjaga,”ucapnya.

Pahri juga menekankan pentingnya organisasi yang sehat dan bagaimana alumni bisa memberikan dukungan terhadap perkembangan sekolah, baik secara individu maupun organisasi. “Kita mendukung perkembangan IKA Spensa ini tapi tentu dukungan itu tak bertentangan dengan program pemerintah. Kalau kami lebih banyak pengembangan di bagian luar lingkungan sekolah ini,” ujarnya.

Ia juga berharap agar tradisi kebersamaan ini tetap terjalin dan bisa berlanjut hingga HUT Spensa yang ke-78 tahun depan. Menurutnya, pertemuan para alumni merupakan sarana penting untuk mendidik generasi muda agar tidak terjerumus dalam tindakan-tindakan anarkis dan melanggar hukum.

“Para alumni SMPN 1 Kendari yang sudah sukses di bidangnya masing-masing, kita harapkan bisa jadi inspirasi bagi adik-adik atau alumni lainnya yang baru tamat,” harapnya.

Selain itu, Pahri berharap momen seperti ini bisa menjadi sarana komunikasi yang baik antar sesama alumni. “Seperti yang kita ketahui, masih sangat banyak generasi muda dari alumni SMPN 1 Kendari. Karenanya, teruslah belajar khususnya dari para alumni yang kini telah berhasil, sehingga komunikasi kita tidak putus dan terjalin dalam jangka panjang,” pungkasnya.

Kepala SMP Negeri 1 Kendari, Abdul Hamid, menyampaikan kebanggaannya karena SMPN 1 Kendari telah dua tahun berturut-turut (2023-2024) diakui sebagai sekolah berprestasi di Sulawesi Tenggara.

“Alhamdulillah, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Kepada seluruh alumni kami ucapkan terima kasih, dengan kehadiran para alumni menambah semarak kegiatan ini,”ungkapnya.

Ia berharap ke depan kegiatan seperti ini bisa lebih meriah lagi. “Selamat bertemu kembali di Milad ke-78 tahun depan,”tutupnya.

Dalam acara tersebut, para alumni juga memberikan bantuan kepada SMPN 1 Kendari serta bingkisan kepada para guru sebagai bentuk rasa cinta dan bangga kepada para pendidik mereka. Ini adalah bukti nyata dari semangat kebersamaan dan penghargaan yang tinggi terhadap peran guru dalam membentuk generasi pemimpin masa depan.

 

Penulis  : Rasman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Selamat ultah Spensa Kendari semoga jaya kedepannya generasi spensa dlm pembangunan kota Kendari,Rencana untuk hadiri acara reuni ini dapat info suami sakit maka tanggal 5 saya pulang kodong .Kita bisa berencana kumpul tapi Allah tentukan lain,rencana ikut acara pupus SDH.namun ttp semangat dan support .maaf teman 81blm bisa gabung tahun ini.


Deprecated: str_replace(): Passing null to parameter #3 ($subject) of type array|string is deprecated in /home/kendariaktual.com/public_html/wp-content/plugins/newkarma-core/lib/relatedpost.php on line 627