oleh

IAIN Kendari Mengajak Dosen Terbitkan Buku Hasil Riset

-Pendidikan-387 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Menunjang kualitas sumber daya manusia (SDM) terkhusus tenaga pendidik, Rektor IAIN Kendari mengajak dosen untuk berkarya dan menuangkan hasil riset kedalam buku, sebagai bagian dari penopang pemikiran dan analisis para akademisi.

“Buku akan menjadi karya yang abadi sepanjang masa, apalagi jika berhasil dipublikasikan oleh penerbit nasional maupun internasional,” ungkap Rektor IAIN Kendari, Faizah Binti Awad.

Hadirnya buku, jelas dia, juga ikut memperluas khasanah ilmu pengetahuan masyarakat secara umum.

“Oleh karena itu saya mengajak kepada kita semua untuk meluangkan waktu menulis buku sesuai bidang ilmu yang kita tekuni,” jelasnya, Senin (22/8/2022).

Hal tersebut, lanjut dia, akan menunjang karir sebagai dosen sekaligus bentuk aktualisasi diri yang sangat positif.

Mendukung itu, pihaknya melaksanakan Workshop Penulisan dan Editing Naskah Buku yang digelar oleh LPPM di Plaza Inn Hotel, 18-19 Agustus 2022.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Kendari melalui Pusat Penelitian dan Penerbitan menyiapkan anggaran penerbitan buku bagi dosen.

Kepala LPPM IAIN Kendari, Abdul Kadir menyebutkan, program ini sebagai bentuk dukungan dan motivasi terhadap dosen dalam menulis baik dalam bentuk buku referensi maupun buku ajar.

“Selain concern terhadap kegiatan penelitian, kami juga perlu meningkatkan gairah dosen untuk menghasilkan buku rujukan bagi para akademisi dan mahasiswa. Kami sudah menyiapkan wadah penerbitannya melalui Sultan Qaimuddin Press,” jelasnya.

Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LPPM, Imelda Wahyuni mengatakan, pihaknya menghadirkan dua pemateri yang merupakan penulis dan reviewer buku bereputasi internasional yaitu Dr. Yanwar Pribadi M.Hum dari Universitas Islam Internasional Indonesia dan Dr. Phil. Munirul Ikhwan, Lc, MA dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Para pemateri ini memiliki jejak rekam yang sangat baik dalam penulisan buku sehingga diharapkan dapat memberikan trik dan tips penulisan buku sesuai standar penerbit. Keduanya juga meluangkan waktu membedah beberapa draft buku dari para peserta dan memberikan masukan untuk penyempurnaan isi buku.

“Kami berharap metode workshop yang interaktif akan mendorong para dosen untuk segera menerbitkan buku karena anggarannya sudah kami siapkan, ” tambahnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan membuka seleksi penerbitan buku yang akan dikelola oleh Sultan Qaimuddin Press. Sebelumnya, lebih dari 156 buku karya dosen dan mahasiswa diterbitkan. Sebagian besar buku-buku tersebut merupakan hasil riset dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan sepanjang tahun 2020 dan 2021.

Reporter : Nurul
Editor      : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait