oleh

Istri Menteri Perhubungan Berburu Kain Tenun di Kendari

-Kendari-461 Dilihat

KENDARIAKTUAL. COM, KENDARI – Isteri menteri perhubungan Endang Sri Haryatie berburu kain tenun Sulawesi Tenggara ke Kota Kendari. Sabtu (20/8/2022) Istri Budi Karya Sumadi mengunjungi Galeri Sultra tenun di jalan Syekh Yusuf Kecamatan Korumba.

Dalam kunjungan itu Endang Sri Haryatie membeli sebanyak 7 potong kain. Dalam kunjungan itu, Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas Pusat itu memberikan apresiasi pada Sultra tenun yang masih menjaga budaya Sulawesi Tenggara.

“Surprise buat saya pelestarian tenun di Sulawesi Tenggara luar biasa, apalagi ada anak muda yang mau mengembangkan usaha ini,” ungkapnya.

Ketua Forum UMKM Sulawesi Tenggara Abdul Hakim yang menemani Istri Menteri Perhubungan mendukung upaya yang dilakukan butik Sultra Tenun yang terus berkreasi menciptakan motif baru tenun di Sulawesi Tenggara, sehingga masyarakat punya banyak pilihan.

“Bu Menteri mendorong dibangunnya sentra kewirausahaan khususnya tenun, ini bisa mendorong anak muda untuk menjadi penguasa tenun,” katanya.

Sementara itu pemilik Rumah Tenun Sultra tenun Wa Ode Arnas Gusri menjelaskan, Sultra tenun memiliki sejumlah perbedaan dengan yang lain karena, mereka mengembangkan motif tenun dari budaya lokal.

“Motifnya sumbernya dari budaya lokal kita sehingga dia (motif tenun) tidak identik dengan yang lain, kemudian teknik pembuatan tidak tembus ke bawah itu juga punya keunikan,” jelasnya.

Arnas menambahkan, kain yang dihasilkan dari Galeri Sultra Tenun sudah pernah digunakan presiden, para menteri dan para pejabat di level kementerian seperti dirjen.

Untuk harga tenun yang mereka tawarkan mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 3 juta perlembar.

Penulis: Wahyu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.