oleh

Jelang Idulfitri 1443 H, Pemkot Pastikan Stok Ikan Aman

-Ekobis, Kendari-55 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI –  Mengalami peningkatan peminat, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam hal ini Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari Syahril Abdul Raup memastikan pasokan stok komoditi ikan aman dan terkendali, untuk kebutuhan menjelang lebaran Idulfitri 1443 Hijriah.

Saat dikonfirmasi Syahril menyebutkan ketersediaan ikan di Kota Kendari hingga menjelang hari raya idulfitri masih terbilang cukup. Ketersediaan dengan jumlah yang melimpah dianggap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Untuk ketersediaan saat ini cukup tersedia karena kemarin itu puncak-puncaknya, ikan yang masuk sampai 90 ton per hari,” kata Syahril Sabtu (16/4/22).

Syahril menambahkan, karena stok yang berlebih saat ini PPS Kendari juga bahkan ikut memasok ikan ke daerah-daerah lain seperti Sulawesi Selatan (Sulsel). Diketahui saat ini PPS Kota Kendari memiliki 4 jenis stok ikan utama. Diantaranya, ikan cakalang, layang, tongkol dan tuna.

“Kita ini kan tempatnya ikan, di depan kita ini laut banda, dan satu kapal nelayan yang keluar itu bisa rata-rata bisa membawa sebanyak 4 -5 ton ikan, tapi ini memang musiman ya,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Syahril, jenis ikan tuna juga menjadi komoditi unggulan sebab sudah mencapai pasar ekspor. Ia menambahkan selain tuna rajungan dan gurita juga kini menjadi komoditas ekpora PPS Kota Kendari. Untuk mendukung hal itu instansinya berkomitmen memasilitasi perusahaan yang akan mengekspor ikan keluar negeri.

“Kita siapkan lahan, produknya kan ada di kita. Salah satu tugas kami, bagaimana caranya teman-teman perhubungan dan pelindo, supaya saat ada ekspor, langsung dari Kendari ke negara tujuan tanpa perlu ada singgah singgah di daerah lain,” timpalnya.

Reporter : Erviana Hasan
Editor : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.