Kadin Dukung Langkah Gubernur Sultra Realisasikan Program PLTN

Ekobis881 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI  – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Antong Timbang mendukung keputusan Gubernur Sultra Ali Mazi dalam merespon positif sosialisasi Program Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Sosialisasi tersebut di Rujab Gubernur Sultra Aula Merah Putih oleh Dewan Energi Nasional (DEN) DR. Ir. Agus Puji Prasetyono, M. Eng, IPU ASEAN Eng dan DR. Ir. Mustri, M.T. yang dihadiri langsung Gubernur Sultra Ali Mazi, SH bersama unsur Pemprov, Bupati Se-Sultra, Kadin Sultra dan pengusaha pemegang IUP Tambang, Jumat 19 Mei 2023.

Dalam sosialisasi tersebut Dewan Energi Nasional (DEN) menyampaikan bahwa sudah saatnya menggunakan listrik dari pembangkit tenaga nuklir karena berdasarkan hasil penelitian penggunaan energi listrik tenaga nuklir lebih menguntungkan dibanding listrik PLTU maupun PLTS. Karena mengenai dampak dan resiko yang ditimbulkan PLTN lebih kecil resikonya dibanding PLTU maupun PLTS.

“Berdasarkan data hasil penelitian apalagi Indonesia merupakan salah satu negara yang punya kandungan deposit Uranium yang besar sehingga kebutuhan untuk bahan baku PLTN cukup tersedia,” katanya.

Dalam sosialisasi tersebut juga Gubernur Sultra, Ali Mazi menyampaikan bahwa Pemprov Sultra menyambut baik program DEN untuk mendirikan perusahaan PLTN di Sultra apalagi berdasarkan data dari Kepala Dinas ESDM Sultra menyampaikan bahwa kapasitas listrik di Sultra masih sangat minim dibanding kebutuhan masyarakat.

Ditempat terpisah Ketua Umum Kadin Sultra, Anton Timbang menyampaikan bahwa saat ini untuk kebutuhan listrik para perusahaan tambang seperti pembangunan smelter dan pabrik harus menyediakan pembangkit listrik sendiri. Lanjutnya, ini sangat berpengaruh terhadap percepatan investasi dan peningkatan ekonomi disamping waktu mendirikannya butuh waktu juga biayanya cukup besar serta kapasitasnya juga terbatas.

Ia menambahkan, sebagai Ketua Umum Lembaga yang menaungi seluruh pelaku usaha dan ekonomi Sultra sangat mendukung program PLTN tersebut untuk memenuhi kebutuhan akan listrik baik itu untuk kebutuhan perusahaan tambang dan Pabrik, UMKM maupun masyarakat.

Pasalnya, Gubernur sudah menantang Tim Dewan Ekonomi Nasional untuk segera merealisasikan program tersebut dalam waktu dekat ini, menyangkut lokasi yang layak dan tepat untuk pembangunan PLTN tersebut tinggal tentukan dan pihaknya akan menyiapkan.

“Kadin Sultra mendukung dan siap membackup program nasional dan Pemprov demi terciptanya percepatan investasi, terbukanya lapangan kerja dan kesempatan berusaha demi kesejahteran masyarakat Sultra,” kata Anton Timbang.

Reporter : Dandy
Editor      : Rasman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *